Puncak Koto Panjang, Destinasi Wisata Alam Favorit di Pasaman

Pasaman
Inilah objek Wisata Alam Puncak Koto Panjang, Rao, Pasaman

Beritnada1 –  Meski  dalam kondisi pandemic Covid 19, wahana wisata baru terus bermunculan di sepanjang daerah di Sumatera Barat. Salah satunya adalah Wisata alam puncak Koto Panjang, Kabupaten Pasaman.

 

Destinasi wisata alam yang berada di ketinggian lebih kurang 800 meter diatas permukaan laut itu, belakangan banyak diminati masyarakat untuk bertamasya bersama keluarga.

Tempat ini di namakan Puncak Koto Panjang, karena lokasinya berada di ketinggian daerah Jorong Koto panjang Nagari Langsek Kadap, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman.

Untuk saat ini, lokasi wisata tersebut sudah menyediakan sarana MCK, tempat ibadah walau dalam kondisi masih sederhana serta warung aneka kuliner, dan untuk memasuki lokasi ini pengunjung hanya dikenakan uang sebesar 3000 Rupiah untuk satu orang.

Harizal, salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Pasaman Barat bersama rombongan mengatakan, bahwa mereka sangat menikmati pemandangan yang cukup menakjubkan di tempat sejuk nan asri tersebut.

“Jika melihat ke arah barat suasananya pun bersih dan nyaman. apa lagi untuk berfoto sangat indah sekali,” ungkap Harizal, Minggu (5/7).

Pasaman
Wisata Alam Puncak Koto Panjang, Rao, Pasaman

Kepala kejorongan Koto Panjang, Lisman menyampaikan, bahwa lokasi wisata Puncak Koto Panjang tersebut berdiri atas dedikasi atau inisiatif Pemuda setempat yang awalnya hanya merupakan sebidang kebun karet yang di lingkari oleh jalan lintas yang tak terpakai lagi.

“Dalam pelaksanaan pembangunanya juga di bantu oleh pihak kejorongan dan dibantu oleh perantau daerah tersebut,” tutur Lisman.

Salah seorang pemuda setempat, Fahmi juga menjelaskan, untuk pengelolaan objek wisata tersebut, dari awal sudah terbentuk  Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Koto Panjang. Organisasi inilah yang mengurus seluruh kegiatan administrasi objek wisata tersebut.

Fahmi pun mengatakan , jumlah kunjungan pada hari biasa Senin sampai Kamis mencapai 300 orang lebih, sedangkan hari sabtu dan minggu bisa mencapai 800 sampai 1000 orang.

BACA JUGA:  Pilkada 2020, KPU Pasaman Jamin Hak Politik Penyandang Disabilitas

“Hal ini menandakan lokasi Wisata Alam Puncak Koto Panjang ini sangat diminati oleh masyarakat Pasaman bahkan banyak juga yang dari luar Kabupaten Pasaman,” ujar Fahmi.

Selain itu, kata Fahmi, kepada pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut diwajibkan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti pemakaian masker dan adanya aturan jaga jarak pengunjung. Disamping itu, juga disediakan tempat cuci tangan di pintu masuk penjualan tiket wisata tersebut.

Dan untuk peningkatan dan pengembangannya , ia berharap partisipasi dan kolaborasi dari semua elemen maupun seluruh pihak terkait  untuk membantu secara maksimal.

Reporter: M. Afrizal

 

Facebook Comments

loading...