PT.MSL Bangun Pabrik Pengolahan CPO di Lunang Pessel

Pabrik
Bupati Hendrajoni melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) oleh PT.Muara Sawit Lestari di Kecamatan Lunang.

Beritanda1 –Pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) oleh PT. MSL (Muara Sawit Lestari) di Kecamatan Lunang, resmi dimulai.

 

Dimulainya pembangunan pabrik tersebut, ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Rabu (26 Agustus 2020).

Pabrik pengolahan CPO dibangun di atas lahan seluas 40 hektar, dengan kapasitas 60 ton per jam. Diperkirakan pabrik ini bakal mempekerjakan sekitar 90 orang tenaga kerja masyarakat setempat. Turut hadir pada kesempatan itu manajemen PT.Muara Sawit Lestari, Subiantoro, OPD, Camat, Forkopimca, Walinagari, tokoh masyarakat, dan sejumlah undangan lainnya.

Terkait pembangunan Pabrik Pengolahan CPO itu, Bupati Hendrajoni mengartakan keberadaan pabrik kelapa sawit di Kecamatan Lunang, telah lama didambakan masyarakat setempat, terutama mereka yang bergerak di sektor perkebunan.

“Dari itu, pemerintah daerah berupaya mencari investor yang mau berinvestasi membangun pabrik kelapa sawit di Kecamatan Lunang ini. Alhamdulillah, akhirnya ada yang berminat membangun pabrik kelapa sawit yaitu PT.Muara Sawit Lestari,” ujarnya.

Menurutnya, dengan telah berdirinya pabrik PT. MSL di Kecamatan Lunang, diharapkan mampu mendongkrak harga jual sawit ditingkat petani Kabupaten Pesisir Selatan.  “Semakin banyak PT Sawit di Pessel, tentu persaingan semakin tinggi pula, sehingga pada akhirnya membuat harga sawit menjadi naik,” tuturnya.

Bupati Hendrajoni, meminta semua pihak agar memberikan kenyamanan kepada investor yang ingin berinvestasi di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu. Sebab, pabrik kelapa sawit mampu mendongkrak ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Hingga kini, pihaknya terus berkomitmen memberikan kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi di Pessel. Tak hanya itu, kepastian hukum dan keamanan kepada mereka bakal dijamin selama menanamkan modalnya di daerah tersebut. “Ya, untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam seperti sektor perkebunan kelapa sawit, sangat dibutuhkan kehadiran investor seperti PT.Muara Sawit Lestari ini,” ucapnya lagi.

BACA JUGA:  Bupati Solok Gusmal Targetkan Rangking 2 pada Porprov Sumbar ke XVI

Sementara itu, manajemen PT.Muara Sawit Lestari, Subiantoro merasa bersyukur bisa mendirikan pabrik kelapa sawit di Pessel. Selain itu, ia juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah, masyarakat, dan stakeholder terkait lainnya.

Pabrik
Bupati Hendrajoni melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) oleh PT.Muara Sawit Lestari di Kecamatan Lunang.

“Kami sangat berterimakasih bisa berinvestasi di Lunang ini. Sebelumnya, kami juga telah membangun pabrik kelapa sawit di Kubu Tapan. Dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya juga sangat welcome terhadap kami,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, Bupati Pessel Hendrajoni juga sangat antusias meminta agar PT.Muara Sawit Lestari mendirikan pabrik kelapa sawit di Kecamatan Lunang.

“Bapak bupati tentu menyadari bahwa untuk mengoptimalisasi potensi sumber daya alam sangat dibutuhkan investasi swasta,” tuturnya.

Menurutnya, dengan berdirinya sejumlah perusahaan sawit di Pessel, maka pospek usaha perkebunan kelapa sawit kedepan semakin bagus dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

“Apalagi perhatian pemerintah daerah dalam pengembangan sektor perkebunan kelapa sawit sangat tinggi,” tuturnya.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...