Beranda Birokrasi Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Mahyeldi – Audy Joenaldy

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Mahyeldi – Audy Joenaldy

Presiden
Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat pada Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri, dan Bengkulu yang baru dilantik, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/02/2021) (Foto: Humas Setkab)

Beritanda1 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joenaldy di Istana Negara, Kamis (25 Februari 2021).

 

Bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2021-2024 itu, Presiden Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad-Marlin Agustina dan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden kepada masing-masing Calon Gubernur dan Calon Wagub di Istana Merdeka dengan penyesuaian terhadap protokol kesehatan.

Kirab
Kirab Calon Gubernur Dan Wagub Sumbar, Kepri, Dan Bengkulu, Kamis (25 Februari 2021), Di Jakarta. (Foto: Humas Setkab)

Usai penyerahan petikan SK kepada tiga pasang Gubernur-Wakil Gubernur, Jokowi didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara untuk selanjutnya dilakukan Upacara Pelantikan. Rombongan kirab ini diikuti empat orang personil Paspampres.

Di Istana Negara, pelantikan diawali dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Keppres Nomor 40 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Gubernur
Dihadapan Presiden Jokowi, Gubernur Dan Wagub Sumbar Mengambil Petikan Sk Pelantikan Di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/02/2021) (Foto: Humas Setkab)

Presiden Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah jabatan kepada para gubernur dan wakil gubernur tersebut.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, serta menjalankan segala UU beserta peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti para gubernur dan wakil gubernur.

Usai pelantikan, kegiatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan diikuti foto bersama masing-masing pasangan gubernur dan Wagub.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

BACA JUGA:  Bangun Citra Lembaga, Kantor Kemenag Kab. Solok Gelar Rakor Kehumasan 2019

Sumber : Setkab.go.id