Polling Bacalon Bupati Solok, Saling Kejar Perolehan Dukungan

Sejumlah tokoh yang di gadang-gadang berpeluang menjadi kandidat bakal calon di bursa pemilihan bupati Solok nanti.

SOLOK – Agenda politik lokal tahun 2020  akan mementaskan pesta demokrasi lima tahunan secara serentak. Praktis obrolan menyangkut pemilihan kepala daerah hari-hari belalangan menjadi semakin seksi. Tidak hanya di kedai kopi, cerita tentang siapa dengan latar belakang bagaimana untuk memimpin daerah Provinsi/Kabupaten/kota, telah riuh di media sosial. Konstelasi politik ikut bergerak ketika bursa pemilihan kepala daerah mulai menggeliat.

Tersebab sangat menarik dibicarakan,  dalam konteks suksesi bupati Solok tahun 2020, misalnya,  sejumlah figur dengan beragam latar belakang disiplin ilmu dan profesi, mendadak bermunculan. Diantara tokoh yang berminat maju pada Pemilihan bupati, ada yang telah terang-terangan menyatakan siap, tetapi banyak pula yang masih melihat-lihat angin dulu.

Atmosfir politik terasa menjadi cerah dan menuai galigaman, tatkala portal beritanda1.com kemudian menurunkan polling balal calon  bupati Solok periode 2021 -2024. Dengan menggunakan sistim acak dan metoda one man one vote, terlihat grafik perolehan dukungan dari para kandidat yang di prediksi ikut sebagai kontestasi dalam bursa Pilbup Solok  sudah saling berkejaran.

O iya, penempatan nama-nama balon bupati Solok dalam poling beritanda1.com ini tidak asal tembak saja, tetapi lebih memperhatikan  kesesuaian dan selera voter (baca masyarakat) sebagai pemegang mandat. Intinya, nama-nama yang mengapung dalam polling beritanda1.com, lebih mengedepankan selera pasar dan sangat jauh dari hal-hal yang berbau pesanan.

Hasilnya sungguh menakjubkan. Dalam waktu tiga hari pasca peluncuran polling, atau sejak tanggal 8 Juli 2019, hasil pollimg bakal calon  Bupati Solok  saling berkejaran. Saling salip perolehan voting begitu ketat.  Gejala positif itu berbanding lurus dengan jumlah visitor portal yang langsung meningkat, baik hanya untuk sekedar melihat-lihat atau bahkan langsung melakukan voting kandidat yang disukai.

BACA JUGA:  Nofi Candra Kantongi Rekomendasi Nasdem, Mesin Partai Langsung Bergerak

Dari 24 nama tokoh yang mengapung,   perolehan dukungan diantara bacalon saling berkejaran. Belum jelas benar apakah nama yang dielus-elus itu akan menempati posisi sebagai balon Bupati atau balon wakil bupati, tetapi sambutan masyarakat sebagai konstituens sangat positif.

Dari sederet tokoh yang mendapat sambutan hangat dan digadang -gadang  sangat mampu meneruskan kepemimimpinan bupati Solok sekarang, tentulah figur Yulfadri Nurdin,Wakil bupati Solok hari ini. Namun sebagai petanahan, Yulfadri Nurdin bukan tanpa perlawanan.  Mantan wakil bupati dua kali, Drs. Ediwan Anantanur,MM, khabarnya juga  serius akan mengulang  perburuan kursi bupati Solok mendatang.

Kedua kandidat ini, Yulfadri Nurdin dan Ediwan Anantanur, yang secara geografis merupakan representasi tokoh dari wilayah bagian Selatan,  diprediksi mendapat perlawanan tinggi dari H. Nofi Candra. Anggota DPD RI asal Saniangbaka tetapi lahir dan besar dinagari Cupak itu dipastikan ikut bersaing memperebutkan kursi BA 1 H nanti.

Selain pengusaha NC Plaza itu, tokoh publik yang juga digadang-gadang menjadi kontestasi Pilbup Solok adalah Zul Elfian. Walikota Solok itu disebut-sebut berminat mengembangkan karier politiknya dengan menjadi bupati Solok seperti halnya pernah dilakukan pendahulunya, Syamsu Rahim. Menjadi walikota dulu, kemudian terpilih menjadi bupati.

Tetapi sejauh ini, khabar tentang kesungguhan Zul.Elfian maju pada Pilbub Solok baru sebatas berita dari mulut ke mulut. Belum terdengar kepastian dari yang bersangkutan apakah serius maju atau hanya sekedar dielus-elus.

Terlepas dari siap atau tidaknya, namun sederet nama kandidat yang mengapung telah memiliki tempat dihati para pendukungnya. Ruang dan peluang yang sama juga dimiliki dua tokoh perantau yang ingin membangun kampung dengan filosofi membangkik batang tarandam. Kans yang dimiliki Iriadi Dt. Tumangguang, tentu sama besarnya dengan peluang yang dimiliki Olfa Yonson.

BACA JUGA:  Sah. KPU dan Pemkab Solok Akhirnya Sepakati Dana Pilkada 2020 Rp. 25 Miliar

Nofi Teratas

Setidaknya itu terbaca dari jumlah voting yang diperoleh pada Polling beritanda1.com. Sampai pukul.21.00 Wib, Kamis (11/7) malam, posisi teratas pengumpulan dukungan melalui poling beritanda1.com ditempati H. Nofi Candra, SE. Pengusaha bibit jagung Hybrida yang menjadi senator DPD-RI itu memperoleh voting sebanyak 721voter,atau setara 14 persen. Kemudian disusul Zul Elfian dengan dukungan voting sebanyak 693 voter, atau 13 persen. Posisi ketiga ditempati Jon Firman Pandu dengan perolehan voting 655 atau sekira 12 persen.

Mantan wakil bupati dua periode, Desra Ediwan Anantanu berada di posisi ke empat dengan perolehan dukungan 590 voter, disusul kemudian oleh Bachtul dengan jumlah voting sebanyak 530 voter. Posisi berikutnya ditempati Dendi dan Sepris Yonaldi dengan perolehan dukungan dibawah 400-an, termasuk tokoh perantau Iriadi Dt. Tumangguang dan Olfa Yonson, serta  Ivoni Munir, Ukma Elsa Dias dan tokoh dari birongkrat, Feris Nofel.

Selain nama-nama tersebut, juga mengapung dengan perolehan votinng di bawah 100 voter seperti Edisar  Dt. Manti Basa, kemudian Marzul Veri, Nosa Ekananda, Yulfadri Nurdin,  Hardinalis Kobal, Agus Sahdeman, Firmansyah, Kasmudi, Septrismen, Gusrial Abbas dan Harry Prawestri.

Bukan Jaminan

Meski diakui, Pilkada 2020 masih jauh dan hasil Polling ini bukan merupakan jaminan terhadap sosok yang dipilih akan melaju dengan mulus untuk lolos sebagai calon Bupati Solok pada Pilkada mendatang. Tetapi dengan polling ini, sekurangnya bisa dijadikan referensi bagi masyarakat dan partai politik dalam menentukan sosok yang pantas untuk diusung.

Karena alasan referensi itu, hayo, mari lakukan voting terhadap tokoh-tokoh yang kelak diidamkan maju pada Pilbup Solok 2020, hingga kemudian terpilih menjadi bupati Solok peroiode 2021-2024. Ayo, klik beritanda1.com dan lakukan voting.

BACA JUGA:  Fakhrizal-Genius: Program Satu Rumah Satu Sarjana Tekan Angka Kemiskinan

Editor  :  Melatisan

Polling Bakal Calon Bupati Solok Pilkada 2020, Siapa Bupati Pilihan Anda?

Facebook Comments

loading...