Polda Sumbar Dukung Perda AKB, Pelanggaran Dikenakan Sanksi Pidana

Polda Sumbar
Polda Sumbar

Beritanda1 –Polda  Sumbar mendukung sepenuhnya Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) yang disahkan oleh DPRD Sumbar dan Pemprov Sumbar pada Jumat (12 September 2020).

 

“Polda Sumbar bersama instansi terkait siap melaksanakan Perda Adaptasi Kebiasan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik, Senin (14 September 2020) di Polda Sumbar.

Satake menyebutkan, dalam Perda tersebut juga terdapat sanksi administratif maupun sanksi pidana bagi perorangan maupun bagi pelaku usaha. Hal tersebut dijelaskan dalam BAB IX tentang Ketentuan Pidana. Pada Pasal 110 ayat 1, disebutkan pidana kurungan bisa diganti menjadi denda sebesar Rp 250 ribu.

“Setiap orang yang melanggar kewajiban menggunakan masker sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat 1 huruf d angka 2 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) hari atau denda paling banyak Rp 250.000,”

Tindak pidana itu diberikan setelah pelanggar tak menjalankan sanksi sosial yang dijatuhkan oleh petugas. Perda itu juga merinci sanksi administratif bagi masyarakat yang kedapatan tak menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Dalam pasal 12 ayat 2 dikatakan sanksi administratif itu berupa kerja sosial dan denda. Kerja sosial berupa sanksi membersihkan fasilitas umum diberikan di lokasi terjadinya pelanggaran.

Setiap orang yang tidak melaksanakan kewajiban menggunakan masker di luar rumah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf d angka 2 dikenali sanksi administrasi berupa: a. kerja sosial dengan membersihkan fasilitas umum; b. denda administratif sebesar Rp 100.000 dan/atau; c. daya paksa kepolisian.

Atas alasan itu, ia berharap kepada masyarakat dapat menjalankan Perda tersebut dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita berharap dengan adanya Perda tersebut masyarakat dapat disiplin Prokes (Protokol Kesehatan), dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Mari bersama-sama  mencegah dan mengendalikan Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA:  Polres Pesisir Selatan Gelar Pra Operasi Zebra Langkisau 2019

Dikatakannya, pihaknya dalam mengimplementasikan Perda tersebut juga melaksanakan sosialisai dan imbauan kepada masyarakat baik dalam imbauan penerapan protokol kesehatan maupun terkait Perda Adaptasi Kebiasaan Baru beserta sanksinya apabila melanggar Perda tersebut.

“Kami (Polda) beserta jajaran (Polres) siap dan mendukung penuh Perda tersebut, dengan Operasi Yustisi kami menyampaikan langsung kepada masyarakat terutama di tempat-tempat keramaian,” ucapnya.

Reporter: Malin Marajo

 

Facebook Comments

loading...