PKKS Riau Dikukuhkan, Bupati Solok: Bangun Sinergi Untuk Berkontribusi dengan Kampung dan Kota Pekanbaru

Gusmal
Pengurus DPP PKKS (Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok) Provinsi Riau dengan ketua M Faizal, S.Pd, M.Pd peridoe 2020-2025, dikukuhkan bupati Solok H. Gusmal dihadapan hampir seribuan warga perantau Provinsi Riau, Sabtu (4/7) di aula STM Telkom Kota Pekanbaru

Beritanda1– Rindu perantau  Kabupaten Solok kepada kampung  halaman terasa lepas di aula STM Telkom Pekanbaru, sehingga kehadiran bupati Solok H. Gusmal bersama pimpinan DPRD dan ketua TP-PKK disambut antusias  warga perantau yang tergabung dalam Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok (PKKS) Provinsi Riau.

 

Laksana gula dikerubungi semut, Bupati Solok H. Gusmal yang datang dengan istrinya, Ny. Desnadevi, hampir tak jeda melayani permintaan foto bersama selesai mengikuti  prosesi pengukuhan Pengukuhan pengurus DPP-PKKS (Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok) periode 2020-2025, Sabtu (4/7) di Pekanbaru.

Momentum pengukuhan pengurus PKKS tersebut terasa sangat istimewa, karena selain dihadiri Bupati Gusmal dan Ketua TP PKK Kabupaten Solok, juga datang Ketua DPRD Jon Firman Pandu, Wakil Ketua DPRD Renaldo Gusmal dan Lucky Efendi, Anggota DPRD Arlon dan Armen Plani, Asisten Bidang Administrasi Soni Sondra, Kepala Dinas Koperindag Eva Nasri, Pimpinan Bank Nagari Solok, Kabag Umum Syefdinon, Kabag Rantau Devi Pribadi, Kabag Humas Syofiar Syam serta Camat Sungai Lasi Reflidon dan Kabag Umum DPRD Zaldi Nofra bersama sejumlah staf.

Ikut menjamu kehadiran rombongan Bupati Solok Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Purnama serta Ketua PKKS terpilih M. Faizal berikut sejumlah ketua dan pengurus organisasi-organisasi nagari yang berhimpun dalam PKKS Provinsi Riau.

PKKS
Menyusul pengukuhan DPP PKKS (Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok) Provinsi Riau, Solok H. Gusmal bersama Pimpinan DPRD Jon Firman Pandu, Renaldo Gusmal dan Lucky Effendi, menandatangani SK pengurus DPP PKKS, Sabtu (4/7) di aula STM Telkom Kota Pekanbaru.

Mengiringi pengukuhan itu, Ketua PKKS terpilih M Faizal mengungkapkan rasa takjubnya kepada bupati Solok dan jajaran yang sangat peduli pada masyarakat yang berdomisili di perantauan.

Kedatangan Bupati Solok melakukan pengukuhan pengurus PKKS Riau, praktis menjadi energi bagi para perantau untuk lebih menyumbangkan pikiran dan potensi dalam membangun kampung dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan perantau.

Menurut M. Faisal, Kabupaten Solok memiliki potensi luar biasa dalam bidang perekonomian, terutama sektor Pariwisata dan hasil pertanian. Namun masalahnya belum ada hotel syari’ah yang representatif untuk menunjang sektor primadona ini.

BACA JUGA:  Bupati Gusmal: Camat dan Wali Nagari Jangan Tinggalkan Daerah Pada Malam Pergantian Tahun Baru

” Representatif bukan melulu soal kelengkapan kamar hotel, tetapi juga menyangkut lokasinya harus ditepi jalan utama. Karena itu kita ada rencana untuk membangun hotel syariah di Kabupaten Solok, ” sebut Ketua PKKS terpilih itu.

Dalam hal meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), tokoh perantau asal nagari Cupak yang memiliki yayasan Pendidikan yang mengelola STM Telkom Pekanbaru itu, ingin membantu anak-anak Solok dalam hal pendidikan.

Ia menegaskan, terutama bagi generasi kabupaten Solok yang berada di Pekanbaru, jangan ada alasan untuk tidak sekolah karena tidak ada biaya.

” Jangan karena pandemi Covid 19, lantas  putus sekolah. Tidak ada uang,  jangan menyerah. Hubungi saya. Kita akan sekolahkan SD, SMP atau SMK Telkom Pekanbaru ini,” beber pemilik STM Telkom itu.

PKKS
Bupati Solok H. Gusmal memberi sambutan mengiringi pengukuhan DPP PKKS Riau

Disisi lain, Ketua PKKS Pekanbaru itu sekaligus  menyampaikan niatnya untuk maju di Pilkada Kota Pekanbaru tahun 2024 nanti. Dirinya telah  membangun komunikasi dan berkomitmen dengan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Purnama yang notabene putra Walikota Pekanbaru saat ini. ” Kami telah sepakat berpasangan dan Maju pada Pilwako Pekanbaru tahun 2024 nanti. Mohon do’a dari Kampung, sebagaimana kami di Pekanbaru Riua juga mendo’akan pak Bupati Gusmal maju dalam Pemilihan Gubernur Sumbar tahun 2020 ini,” tutur M Faisal.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Pekanbaru Ginda Purnama mengaku kegiatan pengukuhan organisasi perantau Solok ini sangat berarti bagi kemajuan dan pembangunan kota Pekanbaru. Ia berharap masyarakat asal Solok yang menjadi warga Pekanbaru tetap memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bersama.

” Ini sebuah momen yang luar biasa, karena dapat mempertemukan kita semua dengan pak Bupati Solok dan jajarannya. Karena itu, kita selalu mengingatkan, jangan pernah melupakan sebuah pertemuan karena adakalanya pertemuan merupakan berkah yang sulit ditemukan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Ketua LKAAM Kab Solok Minta Ninik Mamak Memperkuat Lembaga KAN

Pekanbaru Adalah “Pasar”

Menyambut itu, bupati Solok H. Gusmal menyampaikan sejumlah pesan dan harapan agar bagaimana warga Pekanbaru asal Kabupaten Solok selalu berusaha meningkatkan perekonomian dan memberi kontribusi kepada pemerintah kota Pekanbaru dan ikut membangun kampung halaman Kabupaten Solok.

Dengan menyelipkan sejumlah pepatah petitih tentang hakikat merantau, Gusmal mengatakan momentum pengukuhan yang dikuti dengan rapat kerja pengurus, diharapkan membuat program yang ideal dan ril. Jangan membuat program yang muluk-muluk, sehingga susah mengimplementasikannya.

” Tetapi yang sangat penting untuk bersinergi dengan kota Pekanbaru adalah mengetahu dulu apa program pemerintah kota Pekanbaru, kemudian disusun program PKKS yang menjiwai program kota ini,” sebut Gusmal.

PKKS
Sambutan hangat warga Pekanbaru asal Kabupaten Solok atas kehadiran bupati Gusmal bersama rombongan pada pengukuhan PKKS Provinsi Riau, Sabtu (4/7)

Disampaikan, kota Pekanbaru adalah pasar bagi produk pertanian dan UMKM. Posisi Pekanbaru ini sangat strategis bagi pelaku ekonomi dan UMKM di Kabupaten Solok. Karen itu, diharapkan PKKS selaku bersinergi dan membangun kemitraan dengan pemerintah Kabupaten Solok. ” Membangun kampung tidak hanya dari aspek phisik, tetapi berusaha menjalin kemitraan untuk membedakan produk UMKM dan hasil pertanian adalah juga sebuah perhatian kepada kampung halaman,” tutur bupati Solok.

Banyak cendra mata UMKM dan hasil pertanian yang bisa dipasarkan di kota Pekanbaru. Karena alasan itu, hari ini kita mengikutkan ketua TP PKK yang sekaligus ketua Dekranasda serta Kepala Dinas Koperindag, agar bagaimana ke depan dapat membangun sinergi dalam hal pemasaran produk Kabupaten Solok. ” Kita harap ada kelanjutan dari pertemuan ini dengan sebuah kemitraan,” beber Gusmal.

Pada kesempatan,  Bupati Solok berkenan  memberikan bantuan  berupa kain sarung dan baju koko  kepada beberapa orang Muallaf  kota Pekanbaru, serta membuka seklaigus mengikuti Rakerda DPP-PKKS Provinsi Riau di ruang STM Telkom Pekanbaru

BACA JUGA:  HUT Bhayangkara, Kapolres Solok Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Arosuka

 Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...