Pilwana Serentak 28 November, P2WN Kabupaten Solok Pastikan Persiapan Pemilihan Telah Rampung

87

AROSUKA – Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Solok tinggal menghitung hari. Sebanyak 54 dari 74 nagari di Kabupaten Solok pada tanggal 28 November nanti akan menentukan potret pemimpin nagari untuk 6 tahun ke depan.

Untuk mencapai kualitas pesta demokrasi ditingkat nagari, Panitia Pemilihan Wali Nagari (P2WN) Kabupaten Solok merampungkan segala teknis adminitrasi Pilwana serentak dalam Rapat Persiapan Akhir Pilwana Serentak di ruangan Danau Dibawah Arosuka, Jumat (22 /11).

Asisten Bidang Pemerintahan dalam kapasitasnya sebagai Ketua P2WN Kab Solok, Edisar, SH, M.Hum menegaskan, Pilwana serentak akan dilaksanakan sebanyak 54 nagari pada tanggal 28 Novemver 2019. Segala persiapan untuk menyelenggarakan peat demokrasi tingkat nagari telah dilewati dan pada rapat persiapan terakhir telah mengecek kesiapan P2WN masing-masing nagari, termasuk semua unsur yang terlibat didalamnya. ” Mulai Senin tanggal
25 sampai dengan 27 November 2019 adalah masa tenang. Calon wali nagari tidak boleh lagi melakukan kampanye,” tegasnya.

Bersama pengurus P2WN Kabupaten lainnya, diantaranya Asisten Eksbangkesra Meidison,S.Sos,MM, Staf Ahli bupati, Kepala SKPD dan Camat serta Forkopimcam, Edisar
Dt Manti Basa menaruh harapan agar nagari yang mengikuti Pilwana serentak, harus dapat menghasilkan pemimpin nagari yang bijaksana dan bertanggung jawab.

Dalam pelaksanaan Pilwana nanti, ulasnya, dirinya tidak ingin ada pihak-pihak tertentu yang melakukan intervensi. Jangan ada yang mempengaruhi pemilih sehingga menimbulkan perpecahan ditengah masyarakat. ” Pilwana merupakan representasi dari penerapan demokrasi di tengah masyarakat nagari. Dengan begitu kita bisa melihat sejauh mana demokrasi berjalan baik,”papar Edisar.

Ketua P2WN Kabupaten itu mengulang, dari proses yang benar dan baiklah akan lahir wali nagari terpilih yang terbaik pula di nagarinya masing-masing. Karena alasan itu, ia meminta petugas Satpol PP untuk menempatkan semua personil di semua TPS yang ada, serta berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas yang sudah ada disetiap kecamatan. ” Saya berharap semoga Pilwana serentak ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” tutupnya.

BACA JUGA:  Program Replanting Sawit Dharmasraya Kembali Jadi Bahan Kajian

Reporter : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...