Beranda Daerah Pilkada 2024 Masih Jauh, Chairul Anwar Digadang-Gadang Sebagai Penerus Riza Falepi di...

Pilkada 2024 Masih Jauh, Chairul Anwar Digadang-Gadang Sebagai Penerus Riza Falepi di Kota Payakumbuh

Pilkada
Chairul Anwar Digadang-gadang dalam Pilkada Kota Payakumbuh sebagai penerus Riza Falepi

Beritanda1– Kendati Pesta demokrasi yang dihelat dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) masih jauh dan dilaksanakan serentak pada 2024 mendatang, namun sejumlah tokoh politik sudah mulai turun gelanggang melakukan sosialisasi ditengah publik.

Aroma Pilkada ini setidaknya mengkristal di Kota Payakumbuh, mengingat
jabatan Riza Falepi sebagai Walikota setempat akan segera berakhir di tahun 2022.

Salah satu calon penerus Riza Falepi yang digadang-gadang melanjutkan kepemimpinannya dalam Pilkada Kota Payakumbuh mendatang, adalah
Chairul Anwar, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Chairul Anwar, politisi Senayan Daerah Pemilihan Provinsi Riau yang berasal dari Kota Payakumbuh itu memastikan kesiapan melanjutkan kiprah pembangunan yang sudah dilakukan oleh Riza Falepi, jika dirinya nanti diberi kepercayaan oleh masyarakat Kota Payakumbuh.

putra Koto Nan Godang itu menyebut, dirinya kini sudah mulai rajin turun ke Payakumbuh, melakukan konsolidasi dengan para pengurus dan kader Partai PKS. Termasuk membangun silaturahmi dengan para tokoh dan unsur masyarakat.

“Sudah, saya sudah konsilidasi dengan kader-kader PKS di Kota Payakumbuh dan Sumbar. Saya berkeyakinan, kalau dalam politik, pemenang itu adalah orang-orang yang rajin turun, membangun silaturahmi,” kata Chairul Anwar ketika diskusi santai bersama wartawan di salah satu Kafe Kota Payakumbuh, Rabu (7 April 2021) malam.

Disebutkan, meski Pilkada Kota Payakumbuh masih lama dan akan dihelat 2024 mendatang, namun partai-partai politik kini sudah mulai gencar mempersiapkan kandidat yang akan diusung pada kontestasi politik mendatang, termasuk PKS.
Bahkan oleh Partai, dirinya selaku putra daerah, diminta turun gunung memimpin Payakumbuh ke depan.

Karena alasan itu, sejak sebulan terakhir, Anggota DPR RI dari PKS, Chairul Anwar semakin sering bolak-baik bersilaturahmi dengan masyarakat Kota Payakumbuh. Bertemu anak muda dari kafe ke kafe, berkunjung dari lapau ke lapau, dan berjumpa jemaah dari masjid ke masjid, terus dilakoni putra Koto Nan Godang itu.

BACA JUGA:  Perkenalkan Organisasi, Pengurus PEKKA Temui Bupati Dharmasraya

Menurutnya, dengan gencar bersilaturahmi, nama Chairul Anwar yang merupakan putra daerah, semakin dikenal masyarakat Payakumbuh. Politisi senior PKS itu semakin diyakini dan pantas didaulat untuk meneruskan kiprah Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di kampung halamannya sendiri.

Chairul sendiri tak menampik, dirinya terus gencar bersilaturahmi dalam rangka sosialisasi ke masyarakat. Ia melakukan langkah tersebut karena diminta PKS untuk terus gencar melakukan sosialisasi dan silaturahmi yang berjalan seperti air mengalir saja.

“Bagi saya, dorongan ini juga bukan bentuk paksaan untuk harus maju di Pilkada Payakumbuh 2024. Karena PKS itu adalah partai yang realistis. Nanti ada alat ukurnya berdasarkan survei. Kalau masyarakat Payakumbuh menerima, Insya Allah, saya akan maju,” sebut anggota Komisi II tersebut.

Terkait kondisi Kota Payakumbuh hari ini, menurutnya telah mengalami perkembangan yang yang cukup pesat di bawah kepemimpinan Riza Falepi. Pelbagai program pembangunan sudah banyak dirasakan masyarakat, terutama di bidang fisik dan ekonomi. Sehingga, dirinya merasa fenomena ini patut dilanjutkan agar Kota Payakumbuh dapat lebih maju dan berkembang.

Kendati hanya menempuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kota Payakumbuh, Khairul yang memiliki tempat kediaman orang tua di Balai Kaliki, Koto Nan Gadang, mengaku tidak patah arang untuk berkompetisi. Karena sosoknya tentu saja belum dikenal oleh kalangan masyarakat luas.

“Memang saya akui, secara sosok saya tentu belum sefamiliar para tokoh Kota Payakumbuh. Tapi, beranjak dari pengalaman sebagai wakil rakyat sejak 2004 dari Dapil Riau, saya yakin nanti akan mampu bersaing dan berkompetisi. Tapi, kita cermati nanti bagaimana situasinya,” ujar legislator yang sudah menjabat selama 4 periode sejak tahun 2004.

Ke depan, Khairul yang merupakan unsur Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) di DPP PKS menyebut, jika dirinya dipercaya oleh masyarakat Payakumbuh ia akan mengusung konsep Payakumbuh Madani untuk kemajuan Kota Randang. Karena, selama menjalankan kiprah politik dari Dapil Riau, Khairul mengaku tetap kerap pulang kampung ke Kota Payakumbuh.

BACA JUGA:  Sidang Pengrusakan Lingkungan KWBT Mandeh, Saksi Ahli: Aktivitas Terdakwa Wajib Izin Lingkungan

“Setiap orang apalagi politisi seperti saya, pasti memiliki rasa tanggung jawab buat memajukan kampung halamannya. Nah, saya sejak dulu memiliki keinginan, bagaimana benar-benar memajukan sebuah kota. Meminjam istilah Gubernur DKI Jakarta, Pak Anis Baswedan, maju kotanya, bahagia warganya,” papar Khairul Anwar.

Reporter: Mardikola Tri Rahmad