Pilkada 2020 Kian Dekat, Sejumlah Bakal Calon Bupati Pasaman Makin Berkibar

Pasaman
Para Tokoh Pasaman terlihat harmonis menjelang Pilkada 2020

Beritanda1 – Peta politik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Pasaman semakin dinamis. Walau suhu politik di daerah ini tampak adem ayem, namun tetap harmonis.

 

Berkaca dari pengalaman pada penyelenggaraan Pilkada sebelumnya, yang  hanya diikuti dua pasangan calon, keharmonisan dan keromantisan para bakal paslon sangat diharapkan untuk menepis isu SARA yang memecah belah ditengah-tengah masyarakat Pasaman 15 tahun belakangan ini.

Banyak kalangan masyarakat menginginkan, bahwa pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini dapat berjalan aman, sukses dan damai. Walau sama-sama diketahui,  ancaman pandemik Covid-19 terus membayangi.

Dari berbagai kalangan telah memprediksi bakal calon bupati dan wakil bupati (bacalbup/bacawabup) Pasaman ada sekitar beberapa pasang calon (Paslon).

Nama-nama yang muncul terus hangat diperbincangkan, terlihat familiar dan merupakan tokoh masyarakat Pasaman. Diantaranya, terdapat nama Benny Utama, Mara Ondak, Rahmat Saleh Nasution, Atos Pratama, Sabar AS, M Saleh Nasution, Halim Nasution, Kholad Nasution.

Nama-nama ini sejak lama kian santer disebut-sebut siap bertarung merebut singgasana kursi yang bakal ditinggalkan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

Tak bisa dipungkiri, meski belum satupun bapaslon mendeklarasikan diri, namun nama-nama mereka telah mencuat bahkan kian mengerucut.

Pasaman
Para Tokoh Pasaman terlihat kian harmonis

Alber Thoma Riza selaku generasi muda asal Lubuk Sikaping menyampaikan, bahwa ia senantiasa mengamati dan mencermati perkembangan politik di kabupaten paling utara di Sumatera Barat ini.

“Dari pengamatan kami, banyak sekali tokoh yang ingin maju untuk bertarung dalam perhelatan Pilkada Pasaman tahun 2020 ini, semoga kondisi selalu harmonis dan kondusif karena Pasaman kedepannya harus lebih maju lagi dari daerah lain. Pasaman dikenal dengan semboyan Saiyo yang kuat dan bersatu. Jangan ada lagi isu SARA yang memecah belah diantara kita, yang berlalu biarkanlah dan mari kita tatap Pasaman yang maju dan sejahtera,” ujar Alber Thoma kepada Beritanda1, (10/7/2020).

BACA JUGA:  Sikapi Dugaan Keracunan Makanan Siswa SD, Kadis Kesehatan Pasaman: Makanan Terbaik Adalah yang Dibawa Dari Rumah

Menurut Alber Thoma, nama-nama yang mencuat saat sekarang ini belum final, maju atau tidaknya tentulah dipastikan pada pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman. Politik selalu bergerak dinamis dan tak bisa ditebak arahnya karena ibarat bola putih nan selalu menggelinding. Jadi, maju atau tidaknya para bakal paslon bupati/wabup itu tergantung partai pengusung dan kandidat yang bersangkutan.

Sebagai informasi, tahapan pendaftaran pasangan Calon Bupati Pasaman ke KPU ditetapkan pada tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020. Untuk penetapan pasangan calon yakni pada tanggal 23 September 2020. Sementara, pemungutan suara digelar pada 9 Desember 2020.

Reporter: Afrizal 

Facebook Comments

loading...