Pessel Pacu Daerah Transmigrasi Sebagai Sentra Ekonomi Baru

7
PAINAN–Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus berbenah mengembangkan segala potensi yang ada. Tak hanya di bidang pariwisata dan infrastruktur, daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu, juga fokus mengembangkan daerah transmigrasi dengan menjadikannya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.
“Ya, kami serius untuk upaya ini. Saat ini tengah kami fokuskan di KTM Silaut yang merupakan kawasan trasmigrasi di Pesisir Selatan,” ucapnya saat dihubungi wartawan di Painan, Rabu (18/9).
Menurut dia, secara bertahap pihaknya bakal mengembangkan lokasi dengan melengkapi segala sarana dan prasarana pendukung di lokasi. Bahkan, pembangunan transmigrasi tak sekadar memindahkan masyarakat dari satu daerah ke daerah lain, namun lebih menjadikan kawasan transmigrasi sebagai daerah yang cepat tumbuh dan berkembang.
“Upaya ini kami dalam mengembangkan daerah transmigrasi mendapat apresiasi pemerintah pusat. Semoga Pessel kedepan tetap menjadi perhatian dalam pembangunan di wilayah transmigrasi,” ujarnya.
Diketahui, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menghadiri Kongres Nasional Transmigrasi (KTN) 2019 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, pada Selasa (17/09). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan tema “Restorasi Transmigrasi 4.0 Untuk Mewujudkan SDM Mandiri dan Sejahtera”.
Kongres Nasional Transmigrasi berlangsung sejak 16-17 September 2019 dan dihadiri oleh Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo.
Jumlah peserta mencapai 300 orang dan dihadiri oleh 1.200 partisipan yang terdiri dari Kementerian/Lembaga, Gubernur, Bupati, Perguruan Tinggi, Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten, Anggota Legislatif DPR-RI, media massa, mitra kerja di kawasan Transmigrasi.
Selanjutnya tim Advisor Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, serta pemantik dan pembahas dalam Focus Group Discussion (FGD) I, II, dan III.
Kabupaten Pesisir Selatan menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang diundang oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi pada kesempatan itu.
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO
BACA JUGA:  Ketua Himpaudi Pasaman Apresiasi Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Guru PAUD
Loading...
loading...