Pessel Kembali Dapat Suntikan Rp. 30 Miliar dari APBN 2020 Untuk Infrastruktur

pessel
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni didampingi Kadis PU-PR Era Sukma Munaf menandatangani serahterima SPAM dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Syafriyanti.

Beritanda1 –Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali memperoleh anggaran sebesar Rp.30 miliar yang bersumber dari APBN tahun 2020, untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

 

“Meskipun dalam masa pandemi, dimana banyak anggaran pembangunan yang dipotong untuk penanganan Covid-19, namun Pesisir Selatan tetap memperoleh anggaran untuk pembangunan dan peningkatan sejumlah infrastruktur dari pemerintah pusat melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Alhamdulillah kami sangat bersyukur,” ujar Kepala Dinas PU-PR Pessel, Era Sukma Munaf didampingi Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi di Painan, Kamis 9 Juli 2020.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp. 30 miliar yang bersumber dari APBN 2020 itu bakal dimanfaatkan untuk pembangunan sarana air bersih di Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir.

“Selanjutnya, pembangunan dan peningkatan 4 unit Madrasah, pembangunan dan peningkatan 5 unit sekolah, serta pembangunan sarana dan prasarana Pamsimas sebanyak 15 unit yang lokasinya tersebar di sejumlah kecamatan daerah setempat,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, Kabupaten Pesisir Selatan juga membutuhkan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti jalan, bendungan irigasi, air bersih, sekolah dan sejumlah sarana pendukung lainnya.

“Namun, tahun ini kami bakal fokus dulu ke infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat, yakni jaringan air bersih, madrasah dan sekolah dengan alokasi anggaran sebesar Rp30 miliar dari APBN pusat,” tuturnya.

Bupati Pessel

Sebelumnya, Pemkab Pessel juga menerima hibah jalan desa dan serahterima pengelolaan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).

Penandatanganan berita acara serahterima tersebut dilakukan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. Sementara, Dirjen Cipta Karya diwakili Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Syafriyanti.

BACA JUGA:  Akses ke Mapattunggul Selatan Terputus, Banjir dan Longsor Nagari Muaro Sungai Lolo Pasaman Telan Korban Jiwa

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Syafriyanti, mengatakan, pemerintah pusat terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta kesehatan masyarakat.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...