Pesisir Selatan Terpilih Sebagai Nominasi Peduli Wisata Award Sumbar 2020

Pesisir Selatan
Tim penilai Peduli Wisata Award (PWA) tingkat Sumbar berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (10/10).

Beritanda1– Kabupaten Pesisir Selatan, terpilih sebagai salah satu daerah nominasi Peduli Wisata Award (PWA) Sumatera Barat, tahun 2020.

 

Terkait hal itu, tim penilai Peduli Wisata Award tingkat Sumbar berkunjung ke daerah setempat, Jumat (10 Oktober 2020).

Tim penilai yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ansofino, M.Si, Akademisi dari STKIP PGRI Sumbar, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial, bersama anggota tim penilai lainnya diterima langsung Pjs Bupati Pessel Mardi, diruang rapatnya.

Pjs Bupati Mardi, didampingi Sekda Erizon, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo, serta sejumlah kepala perangkat daerah setempat.

Di hadapan tim penilai, Pjs Bupati menuturkan, pariwisata di Pessel merupakan salah satu sektor yang didorong untuk menggerakan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan dengan cara melahirkan beberapa kebijakan diantaranya membebaskan biaya masuk bagi wisatawan di objek wisata dan melakukan pembinaan terhadap pengelola home stay terhadap penerapan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19.

“Ya, kami terus mendorong agar pariwisata Pessel terus bergerak untuk menopang ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19,” ujar Mardi.

Pada kesempatan itu, ia berharap agar kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, serta OPD terkait lainnya mampu memberikan informasi dan dokumen yang lengkap untuk mengantarkan Pessel sebagai juara pada PWA tahun ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, menyebutkan, penilaian PWA 2020 berbeda dari tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena saat ini sejumlah daerah di Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Perubahan sistem penilaian tersebut diantaranya, penyerahan dokumen pendukung dilakukan melalui aplikasi. Sedangkan objek yang dinilai adalah kegiatan yang dilakukan selama 2018 hingga 2019.

BACA JUGA:  Ukir Prestasi, PKK Nagari Jawi-Jawi Kab. Solok Raih Pakarti Madya II Tingkat Nasional

“Karena pandemi kegiatan 2020 ini tidak termasuk bagian yang dinilai,” ucapnya.

Ketua tim penilai, Prof. Dr. Ansofino, mengatakan, penilaian PWA di Pesisir Selatan, bakal dilaksanakan selama dua hari kedepan, yakni Jumat dan Sabtu, yang meliputi klarifikasi dan peninjauan lapangan.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan salah satu dari sembilan kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai nominasi daerah penerima Peduli Wisata Award tahun 2020.

Tim penilai berjumlah sebanyak enam orang yang berasal dari akademisi, UNP, Unand, dan STKIP PGRI Sumbar, serta pegiat pariwisata.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...