Perkenalkan Organisasi, Pengurus PEKKA Temui Bupati Dharmasraya

Bupati Dharmasraya Sutan Riska saat berdialog dengan pengurus PEKKA di kediaman resmi Bupati setempat, Selasa (16/7). S. HANIF

DHARMASRAYA – Didampingi  Kepala Dinas Sosial PPKB Boby Perdana Riza, SSTP, puluhan emak-emak yang bernaung dalam Organisasi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Dharmasraya temui Bupati setempat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Pertemuan yang dibarengi dialog dua arah itu dalam rangka perkenalan organisasi masyarakat dengan pemerintahan daerah di kediaman resmi Bupati setempat,  Selasa (16/7).

Organisasi emak emak yang dikomandoi Susiah itu, memperkenalkan kehadirannya di bumi “Ranah Cati Nan Tigo,” sebagai wujud nyata untuk dapat dibina agar lebih besar dan baik.

Susiah menyampaikan, PEKKA merupakan organisasi emak-emak yang beranggotakan sosok perempuan melaksanakan peran dan tanggung jawab sebagai pencari nafkah, pengelola rumah tangga, penjaga keberlangsungan kehidupan keluarga dan pengambil keputusan dalam keluarganya.

Organisasi tersebut telah berdiri sejak dua tahun silam beranggotakan para ibu ditinggal suami, baik cerai hidup, maupun cerai mati. Kemudian perempuan tidak menikah, namun memiliki tanggung jawab menafkahi keluarga, dan wanita memiliki suami namun tidak lagi mampu mencari nafkah karena kondisi fisik, atau ada faktor lain.

Dalam pertemuan singkat itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan berdecak kagum terhadap emak-emak tangguh itu. Selain menjadi ibu rumah tangga yang baik. Juga memikul beban menjadi tulang punggung keluarga pengganti peran bapak. Tentunya hal ini bukan kerja yang ringan.

“Sebagai pimpinan pemerintah daerah, tentunya menyambut baik dan sangat positif atas berdirinya organisasi  PEKKA meskipun baru aktif di tiga kecamatan, meliputi Sitiung, Pulau Punjung dan IX Koto. Diharapkan kedepan juga lebih berkembang diseluruh wilayah Kecamatan berada di Kabupaten Dharmasraya,” kata bupati termuda itu.

Ia juga menyarankan kepada seluruh anggota PEKKA agar selalu tabah dan berusaha baik membina organisasi maupun memikul beban keluarga dalam rumah tangga. Semoga atas kegigihan, dan semangat juang kaum emak ini, akan membuahkan hasil lebih baik dikemudian.” Terpenting lagi, besarkan organisasi agar pemerintah lebih cepat ambil peran didalamnya,” saran bupati Sutan Riska.

BACA JUGA:  Hebat..1.293 RTLH di Pessel Kembali Dibedah Tahun Ini

Reporter   : S. Hanif

Editor        : Melatisan

Facebook Comments

loading...