Percepat Pembangunan Jalur Dua Salido-Bukit Putus Painan, Tim PJN II Padang Survei Lokasi

Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal berdialog dengan Bupati Hendrajoni dan ketua tim PJN II Padang, Oktaviandi disela-sela kunjungan kelapangan. OKIS ROCKIN

PAINAN—Tim  Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) II Padang, Sumatera Barat, melakukan peninjauan lapangan terkait rencana pembangunan jalan jalur dua Salido – Bukit Putus Painan, Kecamatan IV Jurai, Senin (15/07).

“Ya, peninjauan ini merupakan langkah awal untuk mempercepat proses pembangunan jalur dua Salido-Bukit Putus Painan,” ucap ketua tim PJN II Padang, Oktaviandi pada wartawan di Painan.

Menurut dia, hasil dari peninjauan tersebut bakal dijadikan dasar untuk mendesain sekaligus untuk mengukur jalan yang akan diperlebar nantinya. “Dari hasil survei ini, bakal diawali dengan pembuatan desain. Kemudian baru dilanjutkan dengan pengukuran terhadap pekerjaan,” katanya lagi.

Sementara itu, Bupati Pessel Hendrajoni mengatakan tahun ini ruas jalan Painan-Salido, akan dibangun menjadi dua jalur. Menurut dia, pelebaran jalan tersebut bakal memberikan dampak positif bagi daerah setempat mulai dari akses transportasi yang akan semakin lancar, serta penataan kota yang lebih tertib dan terarah. “Bahkan, anggaran untuk ganti rugi lahan sudah kami siapkan bagi masyarakat yang terdampak,” ucapnya.

Hal senada dikatakan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal, bahwa Pemkab Pessel telah mengalokasikan anggaran Rp10 miliar untuk pembebasan lahan guna memuluskan kegiatan pelebaran jalan tersebut.

Hingga kini, lanjut dia, tim terus mematangkan proses ganti rugi agar pelaksanaanya mendapat sambutan yang positif ditengah-tengah masyarakat. “Dari hasil survei kami sebelumnya, masyarakat di Kecamatan IV Jurai sangat mendukung rencana ini. Bahkan, kami tidak menemukan kendala sedikitpun dilapangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, panjang jalan yang bakal dikerjakan nantinya mencapai 830 meter dengan lebar 12 meter dan akan dibangun menjadi 20 meter.”Kami berharap dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat yang terkena dampak agar kegiatan ini dapat berjalan baik sebagaimana mestinya,” tuturnya.

BACA JUGA:  Hebat, Lisda Hendrajoni Siapkan Rumah Basamo Untuk KeLuarga Pasien Luar Kota

Sebelumnya, sempat bertahun-tahun terhenti pembangunan jalur dua Painan-Salido akan dilanjutkan 2019 ini. Bahkan, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sekitar Rp95 miliar untuk pembangunan jalur dua Painan-Salido, termasuk pembangunan jembatan dan dua Tugu di daerah itu.

“Kami yakin upaya ini nantinya bakal mempercantik Kota Painan. Kepada masyarakat yang terkena dampak pelebaran jalan akan diganti dengan harga yang sewajarnya,” ujar Bupati Hendrajoni beberapa waktu lalu.

Reporter : OKIS ROCKIN

Editor : MALIN MARAJO

 

 

Facebook Comments

loading...