Beranda Daerah Pengurus HMI Cabang Payakumbuh Dilantik, Erwin Yunaz: Pemuda Bangun Kembali Kejayaan Ranah...

Pengurus HMI Cabang Payakumbuh Dilantik, Erwin Yunaz: Pemuda Bangun Kembali Kejayaan Ranah Minang

erwin
Wakil Walikota Erwin Yunaz beri sambutan ketika pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam dan Korps HMI-Wati Cabang Payakumbuh Periode 2021-2022

Beritanda1 – Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan, perubahan hidup kedepan perlu disikapi, perubahan global tidak bisa kita anggap sepele. Karena itu, pihaknya menaruh harapan besar kepada generasi muda, khususnya Himpunan Mahasiswa Islam dan Korps HMI-Wati (Kohati) Cabang Payakumbuh.

“ Pesan kami, teruslah membuat terobosan, karena pemuda adalah calon penerus pemimpin generasi bangsa. Kita sekaligus merasa bangga, karena ketua PB HMI adalah seorang pemuda Minangkabau.,” ungkap Erwin.

Pesan itu disampaikan Erwin Yunaz ketika menghadiri pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam dan Korps HMI-Wati Cabang Payakumbuh Periode 2021-2022 oleh Ketua Umum Pengurus Besar HMI Raihan Ariatama di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Payakumbuh, Kamis (26/8/2021).

Sejumlah tokoh ikut menghadiri prosesi pelantikan organisasi kepemudaan ini, diantaranya Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, Dandim 0306/50 Kota diwakili Jeffrimannedi, Majelis Wilayah Kahmi Sumatera Barat, Majelis Daerah Kahmi Payakumbuh dan 50 Kota, Ketum Badko HMI Riau, Ketum Badko HMI Sumbar, Ketum HMI Cabang Padang, Bukittinggi dan kader.

Orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu menambahkan,  sejak dulu organisasi HMI adalah pewaris negara, kedepan akan seperti itu, khususnya di Sumatera Barat.

Belajar dari sejarah, kata dia, orang Minang dahulu adalah tempat untuk diajak baiyo-iyo dan bermufakat. Orang minang banyak berjaya di organisasi kepemudaan nasional.

“Jangan sampai kita bekerja tidak tahu arahnya kemana dan malas-malasan, jangan sampai tidak memiliki atau lupa dengan adab kita sebagai orang Minang yang menjunjung tinggi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK), bangun kembali kejayaan ranah minang,” pesan Erwin Yunaz.

Disebutkan,  anak-anak muda di Minangkabau harus bisa menilai opini sebagai pengingat, sebagai kritik membangun, jangan langsung reaktif dengan mengomentari itu tanpa bercermin terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Melonjak, Jumlah Positif Covid-19 di Sumbar 121 Orang

“Mungkin kita menganggap hebat diri kita, tapi buktinya sekarang orang Minang dicap reaktif. Sudah dua kali kita mendapat kritik dari pusat seperti dari mantan Presiden RI Megawati dan Ketua DPR RI Puan Maharani, namun anggaplah ini dorongan untuk membuktikan, bahwasanya Minangkabau mampu melahirkan tokoh besar.” kata Erwin

Untuk itu, Wakil Walikota Payakumbuh menyampaikan, harkat dan martabat pemuda Minangkabau tertumpang di bahu HMI. Harapan kedepan agar percepatan yang terjadi bisa disongsong dengan lebih baik. Faktanya,  saat ini saja sudah ada 50 persen jabatan kepala daerah diisi oleh generasi muda.

Payakumbuh
Pengurus Korps Hmi-Wati (Kohati) Cabang Payakumbuh Yang Dilantik

“Generasi yang dipersiapkan di masa yang akan datang. Kebanggaan orang Minang, harus tangguh secara pribadi dan berorganisasi. Pemko siap memberi ruang berkomunikasi yang membangun. Mari kita menjadi negeri yang tetap diakui karena kepiawaiannya dan keluhuran adabnya, bukan negeri yang isinya pemuda reaktif dengan kritik,” tandas Erwin.

Sementara itu, Kapolres Payakumbuh Alex Prawira mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Ketum PB HMI dan panitia pelaksana Pelantikan Pengurus Cabang dan Korps HMI-Wati Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Payakumbuh Periode 2021-2022.

” Polres Payakumbuh membuka diri untuk berkoordinasi, berkomonikasi terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban diwilayah Hukum Polres Payakumbuh,” kata Kapolres Alex.

Mengiringi pelantikan,  Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama mengucapkan selamat kepada Rivo Vernando serta jajaran pengurus Korps HMI-Wati (Kohati) Cabang Payakumbuh.

Disebutkan,  HMI bertanggung jawab menyebarkan Islam yang moderat ditengah masyarakat serta menerapkan lima Kualitas Insan Cita HMI yaitu, akademis, pencipta, pengabdi, bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur yang diridhai Allah SWT.

“  HMI jangan sampai hilang dan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, serta fokus kepada pembentukan diri dalam hal keislaman dan keindonesiaan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Dicurigai Pelaku Penculikan Anak, Warga Koto Gadang Guguak Amankan Pria Tanpa Identitas

Reporter: Mardikola Tri Rahmad

 

Artikel sebelumyaComeback Sensasional, Cristiano Ronaldo Kembali ke Manchester United
Artikel berikutnyaPengurus LDS Kota Payakumbuh Dilantik, Walikota Harapkan Syi’ar Agama Islam Lebih Ditingkatkan