Penguatan Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Melalui Pendampingan Penggunaan Teknologi di Era Digital

Oleh : Miradelima
(Ketua 1 Himpaudi Pasaman dan Ketua GOW Pasaman)

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas kesehariannya, terutama dalam mengakses informasi dengan cepat. Kemajuan teknologi juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kehidupan masyarakat termasuk dalam ruang lingkup keluarga.

Tentunya kemajuan teknologi tersebut harus disikapi secara bijak dan tepat, agar memberikan manfaat bagi keluarga terutama dalam mendidik anak. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini terutama berbasis layanan internet memberikan dampak positif dan juga dampak negatif bagi tumbuh kembang anak dalam keluarga. Dimana melalui gadget seperti smartphone, laptop, komputer tablet dan lain sebagainya memberikan kemudahan bagi anak untuk mengakses jaringan internet dimana pun dan kapan pun.

Tentunya kita sebagai orang tua menginginkan kemajuan teknologi tersebut memberikan manfaat positif sebanyak-banyaknya bagi tumbuh kembang anak, terutama tumbuh kembang psikologisnya. Salah satu upaya orang tua dalam memberikan pendidikan bagi anak dalam keluarga di era digital seperti sekarang ini, adalah dengan memberikan pendampingan dalam penggunaan teknologi bagi anak. Karena melalui pendampingan tersebut, orang tua yakni ayah dan bunda dapat mengawasi anak dan mengarahkan konten-konten positif bagi anak untuk menggunakan kemajuan teknologi secara tepat sesuai dengan masa tumbuh kembang anak. Selain itu juga pendampingan ini bertujuan agar anak terhindar dari konten-konten berbau kekerasan dan kontens negatif yang dapat merusak mental anak.

Orang tua harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengenalkan gadget pada anak. Waktu yang tepat bagi orang tua dalam mengenalkan gadget pada anaknya adalah saat anak telah berusia 5 tahun. Hal tersebut dikarenakan saat anak berusia 5 tahun, otak anak mengalami masa perkembangan yang pesat untuk mengenal dan mengetahui hal-hal yang ada disekitarnya. Tentunya pada masa itu menjadi momentum yang tepat bagi orang tua untuk mulai mengenalkan gadget kepada anak, agar dia memahami kegunaan kemajuan teknologi bagi kehidupan khususnya bagi dirinya.

BACA JUGA:  Jurnalisme Baik Akan Hilang Ditelan Amuk Ombak Disinformasi, Karam di Dasar Mesin Pencari

Selanjutnya, sebagai bentuk pendampingan orang tua terhadap anak dalam menggunakan kemajuan teknologi melalui gadget adalah dengan mengarahkan si anak pada konten-konten positif dan menyenangkan.

Salah satunya adalah dengan permainan atau game anak yang sehat dan mendidik seperti puzzle, penyusunan balok berwarna, informasi pengetahuan di sertai gambar kartun anak yang lucu, dan konten-konten positif lainnya. Selain memberikan hiburan edukatif bagi anak, konten-konten positif tersebut juga dapat melatih daya ingat dan berfikir anak di usia dini. Sehingga si anak merasa bahwa teknologi yang sedang dia gunakan yakni berupa gadget memberikan permainan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat positif bagi masa tumbuh kembangnya.

Tak kalah pentinya, orang tua harus memberikan batas waktu bagi anak dalam menggunakan gadget miliknya. Seringkali orang tua lalai tentang batasan waktu bagi anaknya dalam menggunakan gadget. Sehingga, membuat si anak melampaui batas penggunaan gadget yang berdampak negatif bagi psikologi dan kesehatan anak. Oleh sebab itu orang tua harus membatasi penggunaan gadget bagi anak agar tetap terkontrol dan sesuai dengan usianya. Untuk anak usia 5 tahun, orang tua dapat membatasi penggunaan gadget bagi anak selama satu jam sedangkan untuk anak usia di atas 7 tahun dapat diberikan batas waktu selama 2 jam. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak kecanduan dini pada gadget yang memberikan beragam hiburan baginya.

Perlu diingat, sebagai upaya bagi orang tua dalam mendampingi anak dalam menggunakan gadgetnya ialah senantiasa menyertai si anak.

Pendampingan ayah atau bunda bagi anak pada saat menggunakan gadgetnya dapat memberikan kesempatan bagi orang tua untuk membantu anaknya dalam menggunakan gadgetnya secara tepat. Misalnya, saat anak sedang memainkan game orang tua baik ayah ataupun bunda dapat membantunya agar anak dapat dengan mudah mengerti game atau permainan tersebut.

BACA JUGA:  Kepemimpinan Pengusaha

Selain itu, pendampingan orang tua bagi anak saat menggunakan gadgetnya juga dapat meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak.

Melalui pendampingan orang tua kepada anak saat menggunakan gadget tentunya dapat meningkatkan peran keluarga dalam mendidik anak di era digital.

Karena tentunya kita mengharapkan kemajuan teknologi saat ini dapat bermanfaat bagi anak baik untuk meningkatkan kemampuan berfikir serta pembentukan mental si anak.

Orang tua yakni ayah dan bunda sebagai penanggungjawab utama atas anak harus menjalin kerjasama secara baik. Sehingga peran orang tua dalam mendidik anak dapat menciptakan generasi cerdas serta berakhlak mulia di era digital seperti sekarang ini.

Facebook Comments

loading...