Pengerjaan Irigasi Dwikora Pesisir Selatan Bakal di Mulai

Dwikora
Bupati Hendrajoni beserta rombongan saat mengunjungi lokasi pembangunan Irigasi Dwikora yang berada di Nagari Tuik IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas

Beritanda1 –  Pembangunan Irigasi Dwikora di Nagari Tuik IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, segera dikerjakan tahun 2020 ini.

 

Dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar, kegiatan pembangunan irigasi tersebut  pekan depan akan di tender.

“ Semoga dibangunnya irigasi Dwikora, aktivitas petani turun ke sawah bisa lancar,” ujar Bupati Hendrajoni di sela-sela kunjungannya, Sabtu (27 Juni 2020).

Dijelaskan,  anggaran pembangunan irigasi sebesar Rp4,5 miliar  tersebut, bersumber dari pemerintah pusat yang diusulkan beberapa waktu lalu. Bermula dari kunjungan kerja ke  Tuik IV Koto Mudiak awal 2019 lalu, pihaknya  menerima berbagai usulan pembangunan dari masyarakat, salah satunya adalah pembangunan Irigasi Dwikora.

Irigasi
Bupati Hendrajoni beserta rombongan saat mengunjungi lokasi pembangunan Irigasi Dwikora yang berada di Nagari Tuik IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas

Atas usulan itu,  pihaknya langsung menghadap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mochamad Basuki Hadimuljono di Jakarta dan ternyata menteri memberi respon positif.

“Sampai hari ini respon tersebut masih positif karena dengan berbagai kebijakan pengalihan anggaran dalam menghadapi wabah COVID-19, anggaran untuk pembangunan Irigasi Dwikora tetap bisa dilaksanakan,” ucapnya.

Disebutkan,  Irigasi Dwikora telah dibangun sejak 1975. Namun beberapa item penunjang masih ada yang belum diselesaikan, sehingga irigasi belum bisa difungsikan secara maksimal.

dwikora
inilah lokasi pembangunan Irigasi Dwikora yang berada di Nagari Tuik IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas

Sementara pada 2017,  irigasi tersebut rusak secara keseluruhan hingga tidak bisa lagi digunakan akibat banjir besar yang melanda kecamatan Batang Kapas.

“Mudah-mudahan nanti, dengan  selesainya pembangunan irigasi ini, petani bisa turun ke sawah sepanjang tahun tanpa harus menanti masuknya musim penghujan,” katanya lagi.

Diketahui, Irigasi Dwikora mampu mengairi areal persawahan setempat lebih kurang sekitar 500 hektare dan sesuai rencana jaringan irigasi akan dibangun lebih dari lima kilometer.

Reporter: Okis Rockin

 

Facebook Comments

BACA JUGA:  Lahirkan Pesepakbola Handal, SSB Bayang Cup I Ditabuh
loading...