Pemkab Pessel Terus Maksimalkan Pembinaan Kampung Tangguh Nusantara

112
pessel
Sejumlah perangkat daerah bersama jajaran Polsek Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, terus berkomitmen melakukan pembinaan terhadap Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di daerah setempat.

Beritanda1 –Pemerintah  Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus memaksimalkan pembinaan terhadap Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di daerah setempat.Upaya tersebut dibuktikan dengan menerjunkan sebanyak delapan perangkat daerah ke lapangan, tepatnya ke Nagari Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan.

 

” Delapan perangkat daerah yang kami turunkan adalah, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, Kominfo, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Perikanan, Dinas Pangan, dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanhortbun),” ucap Sekda Pessel, Erizon, pada wartawan di Painan, Kamis 23 Juli 2020.

Menurutnya, pembinaan terhadap kampung tangguh itu bertujuan untuk mendorong geliat ekonomi masyarakat selama masa pandemi, namun tetap mematuhi protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19.

“Kami berharap dengan adanya KTN ini, dapat mendorong masyarakat melakukan aktifitas ekonomi dengan mentaati protokol kesehatan,” katanya lagi.

Ia menyebutkan, semua perangkat daerah yang ditunjuk sudah turun ke lapangan selama empat hari, dimulai sejak Jumat 17 Juli 2020 lalu.

“Masing-masing perangkat daerah, menyampaikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat seusai dengan peran dan fungsinya. Sedangkan untuk ketangguhan ekonomi, dilakukan pula penyuluhan budidaya ikan dalam sebuah wadah ember, dengan cara memanfaatan pekarangan rumah,” ujarnya.

Sedangkan dari Distanhorbun, dan Dinas Koperasi UMKM dilakukan pula pembinaan dan penyuluhan pengembangan tanaman ubi-ubian sebagai makanan pokok non beras. Sebab, jenis tanaman tersebut memenuhi kebutuhan pokok dan gizi keluarga selain beras.

“Agar pengetahuan masyarakat juga semakin meningkat terhadap teknologi informasi yang terus berkembang saat ini, sehingga Dinas Kominfo juga melakukan pengenalan aplikasi pemasaran secara online. Terkait dengan ketertiban dan keamanan masyarakat, serta ketangguhan dalam menghadapi berbagai bencana, dilakukan pula oleh Satpol PP dan Damkar, BPBD, termasuk juga dari jajaran Polsek Koto XI Tarusan sendiri,” tuturnya.

BACA JUGA:  12 Orang Lagi Warga Sumbar Sembuh Dari Covid-19

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...