Pemindahan Data Payakumbuh, Warga Limapuluh Kota Positif Covid 19 Menjadi 5 Kasus

Kominfo
Kepala Dinas Kominfo Limapuluh Kota, Ferry Copa

Beritanda1Daftar warga Kabupaten Limapuluh Kota yang terkonfirmasi positif terinfeksi Corona Virus Disease (Covid 19) berjumlah 5 orang. Hal itu lantaran terjadi penambahan 3 orang kasus positif Covid 19, menyusul adanya pemindahan kasus dari Kota Payakumbuh.

Tim Gugus Tugas  Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota melalui Kepala Dinas Kominfo Limapuluh Kota, Ferry Copa pada pesan broadcast di aplikasi Whatsapp, Senin (11/5) mengkonfirmasi penambahan 3 kasus di Kabupaten Limapuluh Kota, sehingga warga positif berjumlah 5 orang.

Ferry Copa mengatakan, dari 3 penambahan kasus positif tersebut, 2 diantaranya merupakan pemindahan kasus dari Kota Payakumbuh. Hal ini disebabkan adanya klarifikasi dari data Kota Payakumbuh dan konfirmasi data dari Provinsi Sumatera Barat, yang mengatakan 2 pasien positif di Kota Payakumbuh tersebut merupakan warga Kabupaten Limapuluh Kota.

“Jadi dari update data tersebut, 2 pasien di Kota Payakumbuh  otomatis masuk dalam data kasus Positif di Kabupaten Limapuluh Kota> Sedangkan  satu kasus positif lagi terjadi di Nagari Taeh Baruah,”ujarnya.

Adapun inisial 3 orang positif  tersebut, adalah DY, Laki-laki (22 tahun) alamat Nagari Taeh Baruah, karyawan toko di Kota Payakumbuh, terinfeksi dari pasien konfirmasi positif di Kota Payakumbuh. Ia menjelaskan saat ini pasien yang bersangkutan sudah dikarantina BPSDM Padang Besi.

Kemudian IDR, Laki-laki (28 tahun) alamat Tanjung Jati, Kecamatan Guguak, juga merupakan karyawan toko di Payakumbuh yang sehari-hari menetap di Kota Payakumbuh, dan dalam tiga bulan terakhir ia tidak pernah pulang ke Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saat ini yang bersangkutan (IDR) juga telah di isolasi di BPSDM Padang Besi,”sambungnya.

Adapun pasien positif selanjutnya, AMN (68), yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang ojek, beralamat di Batang Tabik. Pasien ini tidak memiliki identitas legal yang jelas. Namun dari Informasi pemerintah Kota Payakumbuh, pasien positif ini sehari menetap dirumah anaknya di Kota Payakumbuh, dan saat ini telah dirawat di rumah sakit Achmad Mochtar, Bukittinggi.

BACA JUGA:  Raker dengan DPRD, Pemko Solok Butuh Rp 7,2 Milyar untuk Penanganan Covid 19

Ferry Copa menjelaskan, saat ini Tim gugus tugas Limapuluh Kota telah melakukan upaya-upaya gerak cepat untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini di Luak Nan Bungsu.

” Tim Gugug Tugas terus melakukan tracking perjalanan maupun riwayat kontak dari 5 orang positif di Kabupaten Limapuluh Kota. Kita juga telah mengambil sampel swab pada beberapa orang yang merupakan kontak erat dengan pasien positif tersebut,” paparnya.

Selain itu, Tim Gugus Tugas Limapuluh Kota bekerjasama dengan berbagai unsur, telah melakukan upaya penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi pasien positif di Limapuluh Kota menetap, seperti di Manggilang, Taeh Baruah, Guguak VIII Koto.

Ia juga melaporkan, dalam 3 hari terakhir Dinas Kesehatan Limapuluh Kota juga telah mengirimkan sebanyak 40 sampel swab ke laboratorium Universitas Andalas guna untuk dilakukan pemeriksaan.

“Terkait pemeriksaan dan pengambilan sampel swab Dinas Kesehatan kita juga telah melakukan pelatihan kepada 12 tenaga medis, analisis pemeriksa swab di Kabupaten Limapuluh Kota,” terangnya.

Kepala Dinas Kominfo Limpauluh Kota  selaku juru bicara Gugus Tugas, menghimbau masyarakat di Limapuluh Kota untuk terus disiplin dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

Ia mengajak melakksanakan PSBB jilid II dengan disiplin dan menjalankan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, selalu menggunakan masker dan tetap dirumah bila tidak ada keperluan diluar rumah.

“ Mohon kita kepada Allah SWT semoga Pandemi ini segera berakhir di Negeri kita,”do’anya

Reporter: Diko Rahmad

Facebook Comments

loading...