Beranda Daerah Pemerintah Kota Payakumbuh Canangkan 20 Kelurahan Bersinar Tahun 2021

Pemerintah Kota Payakumbuh Canangkan 20 Kelurahan Bersinar Tahun 2021

Payakumbuh
Sosialisasi tentang bahaya narkoba digelar bersamaan dengan pencanangan 20 Kelurahan Bersinar di Kota Payakumbuh, Kamis (1 April 2021).

Beritanda1 – Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) daerah itu menggelar  sosialisasi tentang bahaya narkoba, Kamis (1 April 2021).

 

Sebagai upaya  pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di Kota Payakumbuh, pada kesempatan sekaligus dilakukan pencanangan 20 Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Aula Flamboyan SMAN 2 Payakumbuh.

Sosialisasi bahaya narkoba dan pencanangan kelurahan bersinar ini dibuka  Wali Kota Payakumbuh  diwakili Asisten III Amriul Datuak Karayiang, yang ditandai dengan pemukulan bedug pencanagan 20 Kelurahan bersinar.

Menyemangati kegiatan ini,  Amriul mengatakan, Kelurahan Bersinar adalah salah satu upaya dalam pencegahan dan penanganan narkoba ditingkat kelurahan, yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah bersama dengan masyarakat.

“Tujuan Kelurahan Bersinar untuk menciptakan lingkungan aman dan tertib bagi masyarakat sehingga bersih dari penyalahgunaan narkoba,” kata Asisten III Amriul Datuak Karayiang.

Dihadapan  Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat Khasril Arifin, Kepala BNN Kota Payakumbuh Sarminal dan unsur Forkopimda setempat,  Amriul  mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam pencanangan 20 Kelurahan Bersinar.

Dengan adanya kelurahan bersinar, ulas dia,  merupakan langkah awal untuk membersihkan kelurahan dan masyarakat dari bahaya narkoba.

“Saya mewakili Wali Kota Payakumbuh mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencanangan 20 kelurahan bersinar. Bedar harapan kita, kelurahan lain juga dapat mengikuti langkah awal membersihkan kelurahan dari bahaya narkoba,” Terang Amriul.

Adapun 20 kelurahan bersinar yang mengikuti pencanangan yaitu:

  1. Kelurahan Ibuh
  2. Kelurahan Koto Tangah
  3. Kelurahan Bulakan Balai Kandi
  4. Kelurahan Seberang Betung
  5. Kelurahan Parit Rantang
  6. Kelurahan Parak Batuang
  7. Kelurahan Padang Karambia
  8. Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang
  9. Kelurahan Kapalo Koto Ampangan
  10. Kelurahan Payobasung
  11. Kelurahan Tiakar
  12. Kelurahan Sicincin
  13. Kelurahan Parik Muko Aia
  14. Kelurahan Koto Panjang Dalam
  15. Kelurahan Koto Panjang Padang
  16. Kelurahan Napar
  17. Kelurahan Ikua Koto Dibalai
  18. Kelurahan Balai Tongah Koto
  19. Kelurahan Koto Kociak kubu tapak rajo
  20. Kelurahan Kapalo Koto Dibalai
BACA JUGA:  10.231 Pelanggan 450 VA di Pasaman Dapat Program Listrik Gratis

Diakhir sambutannya, Asisten III Amriul Datuak Karayiang mengatakan, 20 kelurahan bersinar merupakan bukti keseriusan pemerintah kota Payakumbuh dalam mendukung pencegahan dan pemberantasan narkoba agar tercipta kondisi aman dan tertib bagi masyarakat.

“Dengan adanya kelurahan bersinar merupakan bukti keseriusan pemerintah kota  dalam mendukung pencegahan dan pemberantasan narkoba agar terciptanya kondisi aman dan tertib bagi masyarakat sehingga dapat terwujud kelurahan-kelurahan bersinar selanjutnya,” Pungkasnya.

Menyambut itu, Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat Khasril Arifin mengatakan sangat bangga dengan adanya kegiatan pencanangan 20 Kelurahan Bersinar. Alasannya,  selama menjadi Kepala BNN Provinsi, kegiatan ini adalah yang pertama kali diadakan.

BNN mencatat persoalan narkotika di indonesia memerlukan perhatian dan kewaspadaan secara terus menerus dari seluruh elemen. Dari hasil penelitian yang dilakukan BNN secara periodik setiap 3 tahun, Angka prevalensi terhadap narkotika mulai tahun 2011 sampai 2019 terjadi penurunan yang cukup signifikan, Dimana tahun 2011 pada angka 2,23% dan tahun 2019 pada angka 1,80%.

“Acara ini membuat saya bangga karena selama saya menjadi kepala BNN baru ini yang pertama kali dilaksanakan pencanangan kelurahan bersinar. Kita berharap pencanangan kelurahan bersinar yang dilakukan oleh Kota Payakumbuh juga dapat diikuti oleh Kota Dan Kabupaten lainnya khususnya yang berada di Sumatera Barat sehingga seluruh elemen dapat berperan penting dalam menumpas peredaran narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa,” pungkasnya.

Reporter: Mardikola Tri Rahmat

Artikel sebelumyaGriya Cita Nusantara Siap Dukung Program Sejuta Rumah di Solok
Artikel berikutnyaMasjid Al-Mubarok Diresmikan Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz