Pelaku UMKM di Kabupaten Solok Dilatih Manajemen Keuangan

Bupati Solok Gusmal foto bersama dengan para pelaku UMKM di Kab. Solok selepas pembukaan pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM di Bukittinggi, Minggu (30/6). MALIN MARAJO

Solok—Sebanyak 40 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Solok kembali dilatih pengelolaan manajemen keuangan untuk menunjang kemajuan usahanya. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan mampu memajukan UMKM di daerah itu.

“Dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM tak hanya mampu meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam menyusun atau membuat pembukuan sederhana, namun  juga agar terampil dalam menentukan rugi dan laba suatu usaha yang nantinya bermuara pada kemajuan UMKM di Kabupaten Solok,” kata Kadis Koperindag UKM kab. SOlok Eva Nasri, SH,MM, Minggu (30/6).

Terkait itu, Bupati Solok  H. Gusmal SE MM mengatakan, manajemen keuangan sangat menentukan maju mundurnya usaha seseorang. Di mana dalam waktu tertentu, baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan,  bisa diukur tingkat keberhasilan atau kegagalan usaha seseorang, terutama dalam mengukur atau menentukan rugi laba sebuah usaha. “Banyak kriteria yang harus dikuasai pelaku usaha guna mencapai manajemen keuangan yang baik,” kata Gusmal.

Bupati menyebutkan, dalam manajemen keuangan selain inovasi dan kreatifitas untuk dapat mendongkrak grafik dan hasil penjualan suatu produk, juga dibutuhkan komitmen, waktu, dan biaya serta ketelitian agar laporan keuangan bisa dipertanggung jawabkan.

Terkecuali itu, kata Bupati, manajer keuangan juga harus memiliki 7 (tujuh) prinsip, yaitu akuntabilitas, konsisten, kelangsungan hidup, transparansi, standar akuntansi, dan integritas serta pengelolaan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan. “Kepada seluruh komponen yang terlibat dalam pelatihan ini agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik serta bersungguh-sungguh, mengingat sangat pentingnya ilmu yang akan diperoleh,” tutup Bupati.

 

Reporter : MALIN MARAJO

 

Facebook Comments

BACA JUGA:  Warga Diminta Bersabar, Camat Payakumbuh: Jangan Kasari PSM
loading...