Beranda Sosial Budaya Peduli Kemanusiaan, Yayasan Darianis Yatim Bantu PMI Kota Solok

Peduli Kemanusiaan, Yayasan Darianis Yatim Bantu PMI Kota Solok

Darianis yatim
Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh menyerahkan donasi untuk PMI Kota Solok yang telah berjuang membantu penanganan masyarakat korban dan terdampak banjr di Kabupaten dan Kota Solok.

Beritanda1— Yayasan Darianis Yatim menyalurkan bantuan operasional untuk relawan Palang Merah Indonesia Kota Solok.

 

Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian serta apresiasi Yayasan terhadap kerja sosial yang dilakukan oleh relawan PMI, dalam mengevakuasi atau tanggap dalam bencana banjir yang melanda Kota dan Kabupaten Solok, Selasa (12 Januari 2021).

Bantuan dalam bentuk uang tunai tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh dan diterima oleh Sekretaris PMI Kota Solok, Ronni D Danil di Markas Palang Merah Indonesia Kota Solok, Jalan Syech Kukut Kelurahan Tanjung Paku,Rabu (13 Januari 2021).

Terkait itu, Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim yang juga merupakan anggota DPRD Kota Solok menyampaikan rasa prihatin akan terjadinya bencana banjir yang datang begitu cepat pada selasa dini hari. Banyak masyarakat yang berada di jalur terendah atau berdekatan dengan aliran sungai batang lembang sempat dibuat panik untuk menyelamatkan diri dan harta benda.

Dengan kondisi yang serba basah dan tidak bisa berbuat apa – apa apalagi untuk makan, pihaknya dari Yayasan Darianis Yatim juga langsung memberikan bantuan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan masyarakat yang dievakuasi. “Bantuan tersebut tidak luput juga kami berikan kepada petugas maupun relawan yang bertugas menangani korban banjir,” ujar Rusdi Saleh.

Ia menilai yang menjadi korban banjir merupakan saudara – saudara kita juga. Lantaran itu, yang harus difikirkan adalah apa yang bisa diperbuat untuk mereka yang menjadi korban banjir.  Berikan apa yang bisa diberikan kepada para korban terdampak banjir.

Tak hanya berupa uang, bisa berupa tenaga, pakaian, bahkan doa. “Semoga bencana ini tidak akan terulang lagi dan diharapkan kepada masyarakat selalu berhati-hati dan mengingat saat ini masih di masa pandemi covid-19 kami himbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Rusdi Saleh.

BACA JUGA:  Bupati Hendrajoni: Babiola Merupakan Warisan Dunia yang Dimiliki Warga Pessel

Terhadap bantuan itu, Sekretaris PMI Kota Solok Ronni D Daniel menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Darianis Yatim yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir dan untuk petugas kemanusian.

“Menangani bencana tak hanya menjadi tugas sekelompok orang saja, namun juga semua elemen ikut terlibat sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Kami apresiasi kepedulian Yayasan Darianis Yatim tak perlu kita ragukan lagi dalam membantu masyarakat selama ini,” kata Ronni.

Ronni menyebutkan, Palang Merah Indonesia Kota Solok selain mendonorkan darah kami juga ikut membantu setiap ada bencana dan selalu turun ke lapangan untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. “Selain itu kami juga ikut menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah,” kata Ronni.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan banjir merendam daerah kabupaten Solok, Kota Solok dan Solok Selatan, akibat hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur sejak Senin malam (11 Januari 2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat, di Kabupaten Solok banjir mulai merendam rumah warga Selasa dini hari (12 Januari 2021) sekitar jam 01.30 WIB. Setidaknya banjir merendam dua kecamatan di daerah itu. Yaitu, Kecamatan Bukit Sundi dan Kubung.

Sedangkan di Kota Solok, banjir mulai memasuki permukiman warga pada Senin malam sekitar pukul 23.30 WIB. Di daerah ini banjir merendam sembilan kelurahan di Kecamatan Lubuak Sikarah dan Tanjung Harapan. Sementara itu di Kabupaten Solok Selatan, banjir terjadi jam 01.30 WIB. Banjir merendam rumah warga di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sungai Pagu.

Banjir ini terjadi setelah beberapa sungai besar di daerah tersebut meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi dan lama. Di Kota Solok dan Kabupaten Solok, banjir melanda akibat luapan Batang Lembang dan Batang Gawan.

BACA JUGA:  Perantau Paninggahan Positif Covid-19, Wabup Bantah Telah Kecolongan

Reporter: Wahyu Haryadi