Beranda Agama Peduli, IKA Sumbar Galang Donasi Untuk Lunasi Hutang Pembangunan Mesjid MAN 2...

Peduli, IKA Sumbar Galang Donasi Untuk Lunasi Hutang Pembangunan Mesjid MAN 2 Padang Panjang

IKA Sumbar
Pengarah IKA PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK, H.Muhammad Syarif menyerahkan donasi yang dihimpun alumni angkatan 1991 kepada kepala MAN 2 Padang Panjang Agustaman, S.Ag, Sabtu (24 April 2021). Donasi tersebut akan dipergunakan untuk membantu pelunasan hutang pembangunan mesjid yang rusak akibat gempa 2009 silam.

Beritanda1—Ikatan Keluarga Alumni  PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK Koto Baru Padang Panjang Sumatera Barat (IKA Sumbar), terus bergerak untuk membantu mangatasi berbagai persoalan yang dihadapi madrasah, yang kini bernama MAN 2 Padang Panjang tersebut.

Upaya itu terlihat ketika perwakilan IKA wilayah Sumbar menyalurkan donasi yang telah dihimpun sebelumnya dari para alumni, untuk membantu biaya pembangunan mesjid di kampus madrasah tersebut. Bantuan alumni tersebut diterima langsung oleh kepala MAN 2 Padang Panjang Agustaman, S.Ag di kantor madrasah tersebut.

“Alhamdulillah, ini baru dari alumni angkatan 1991 senilai Rp. 16,5 juta, untuk membantu pelunasan hutang pembangunan mesjid kampus ini,” kata pengarah IKA PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK, H.Muhammad Syarif, Sabtu (24 April 2021).

Ia menyebutkan, berdasarkan informasi dari pihak madrasah, hingga kini madrasah yang dulu dikenal dengan nama MAN-MAPK tersebut masih memiliki hutang sekitar Rp. 200 juta untuk renovasi pembangunan mesjid yang mengalami rusak akibat gempa 2009 silam. Hingga kini, pembangunan tersebut masih belum rampung.

Keterbatasan kemampuan keuangan, membuat sekolah mengalami kesulitan untuk melunasi biaya tersebut. Atas alasan itu, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PGA/PGAN/MAN/MAKN/MAPK Koto Baru untuk Provinsi Sumatera Barat kemudian melakukan penggalangan donasi dari para alumni.

“IKA Sumbar akan berusaha maksimal untuk membantu pembangunan masjid kampus ini”, ujarnya.

Sementara itu, ketua IKA Sumbar, Dr.Yulkifli Amir,M.Si mengatakan, melalui organisasi alumni yang dipimpinnya akan terus dilakukan penggalangan donasi dari alumni per angkatan untuk melunasi hutang masjid kampus ini.

“Selain sumbangan dari angkatan 1991,IKA Sumbar juga sudah menerima donasi sekitar Rp. 14 juta dari alumni angkatan  1997 untuk segera disalurkan kepada madrasah,” jelasnya.

Dekan FMIPA Universitas Negeri Padang ini menambahkan, selain penggalangan dana, IKA Sumbar dalam waktu dekat akan menfasilitasi MAN 2 Padang Panjang untuk melakukan MoU dengan perguruan tinggi negeri di Sumatera Barat.

BACA JUGA:  Pasca Ditetapkan Zona Kuning, Pessel Kembali Tutup PBM Tatap Muka

“Melalui MoU ini nantinya, MAN 2 Padang Panjang dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi khususya  di Sumatera Barat untuk meningkatkan kapasitas sebagai madrasah riset,” ujarnya.

Irwandi

 

Artikel sebelumyaTerpapar Covid-19, Ketua Koni Riau Emrizal Pakis Tutup Usia
Artikel berikutnyaPuncak Pato, Objek Wisata Alam dan Sejarah di Tanah Datar