Pariwisata Menjadi Sektor Unggulan, Bupati Pessel: Sejumlah Iven Bakal Digelar untuk Mendongkrak Kunjungan

Pariwisata
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, didampingi Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo dan Anggota DPRD Novermal Yuska, melakukan pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara pertanda di resmikannya kawasan wisata Jembatan Pelangi di Muaro Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Beritand1 – Sektor pariwisata di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona Pesisir Selatan, hingga kini sudah banyak dijadikan sebagai sektor unggulan. Fenomena  itu terlihat dari  potensi daerah Pesisir Selatan yang semakin ramai dikunjungi.

 

“ Jika potensi ini mampu dikembangkan dan dikelola dengan baik, tentu akan menghasilkan pendapatan yang sangat bagus pula. Termasuk juga di Nagari Muaro Kandis Pungasan ini,” ujar Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni.

Sambutan bernada motivasi itu disampaikan Bupati Hendrajoni ketika meresmikan kawasan wisata Jembatan Pelangi Muaro Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, Sabtu (4 Juni 7).

Dikatakan, ide mengembangkan kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, mesti didasari dengan komitmen bersama, termasuk masyarakat, nagari, dan kecamatan setempat.

“Tadi Camat bilang ke saya, tempat wisata ini sudah menghasilkan pendapatan sebesar Rp1 juta per hari. Tentu ini sangat bagus dan kami sangat apresiasi. Hal ini membuktikan bahwa nagari telah mampu memberi pemasukan sehingga kedepan dapat digunakan untuk keperluan lain pengembangan wisata,” ucapnya.

Pariwisata pessel
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni resmikan kawasan wisata Jembatan Pelangi di Muaro Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti

Menurutnya, kawasan wisata Jembatan Pelangi Muaro Kandis, merupakan perpaduan antara laut dengan tawar yang nantinya bakal cocok dikembangkan sebagai wadah untuk menggelar iven tahunan atau sejumlah atraksi lainnya.

“Jika tak ada aral melintang, kedepan bakal kita gelar sejumlah iven untuk mendongkrak kunjungan wisatawan kesini,” papar Hendrajoni.

Sementara itu, Wali Nagari Muaro Kandis Punggasan, Elkamsi bercerita, pada penghujung 2009 nagari tersebut pernah dihantam gelombang abrasi pantai yang mengakibatkan kerusakan sebanyak 25 unit rumah.

Pariwisata Pesisir Selatan
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni resmikan kawasan wisata Jembatan Pelangi di Muaro Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti

“Dulu masyarakat kami masih dihantui kecemasan jika gelombang pasang naik. Tapi, seiring berjalannya waktu perbaikan demi perbaikan terus dilakukan hingga jadi tempat wisata seperti sekarang ini,” tuturnya.

BACA JUGA:  Bertambah Rp. 18.491 Miliyar, APBD-P Pessel 2019 Ditetapkan

Menurutnya, kawasan wisata Jembatan Pelangi Muaro Kandis yang ada sekarang merupakan awal dari peristiwa bencana abrasi yang terjadi pada 2009 lalu. Kendati demikian, pihaknya tetap berharap adanya upaya dari pemerintah setempat berupa pembangunan batu pemecah ombak untuk penanganan abrasi pantai.

“Kami berharap semoga Pak Bupati bisa mengabulkan permohonan masyarakat ini. Sebab, sejak 2017 kawasan ini sudah mulai di kucurkan dana sebesar Rp3 miliar untuk normalisasi sungai, di 2019 sebesar Rp5,4 miliar, selanjutnya 2020 kembali mendapatkan bantuan abrasi sebesar Rp 4,5 miliar,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap jembatan yang masih semi permanen dengan bahan utama bambu tersebut, bisa ditingkatkan menjadi jembatan permanen.

“Kawasan wisata ini sangat ramai dikunjungi masyarakat, terutama pada hari libur. Selain mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, keberadaan wisata ini juga mampu meningkatkan pendapatan asli nagari,” ucapnya.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...