Nofi Candra Kantongi Rekomendasi Nasdem, Mesin Partai Langsung Bergerak

542
Nofi Candra bersama Pengurus DPD Partai Nasdem saat menerima rekomendasi untuk maju menjadi calon bupati Solok tahun 2020
Nofi Candra bersama Pengurus DPD Partai Nasdem saat menerima rekomendasi untuk maju menjadi calon bupati Solok tahun 2020
Langkah politik H. Nofi Candra, SE menuju bursa pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Solok semakin jelas. Keraguan soal “kendaraan” yang akan mengantarkan tokoh muda Solok yang familiar dipanggil NC itu ke gerbang pemilihan Bupati-Wakil Bupati Solok tahun 2020, telah mendekati final.

Bahkan sebelah ” kaki politik” Nofi Candra sudah berada di garis box star Pilkada Solok, menyusul  dikantonginya rekomendasi tentang bakal calon bupati Solok periode 2021-2025 dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai NasDem.

” Hari ini (Selasa-red) kita menerima surat rekomendasi DPP Nasdem dari DPW Provinsi Sumbar melalui ketua DPD Nasdem Kabupaten Solok. Alhamdulillah, semua berjalan lancar,” papar Nofi Candra relatif lega.

Kepastian rekomendasi pencalonan bupati Solok dari DPP Partai NasDem itu disampaikan penggagas ide Solok Baru itu selepas menerima surat pencalonannya dari DPD Partai Nasdem Kab. Solok, Selasa (24/3) di jalan bypass Cupak, Solok.

Tanpa Mahar

Datang dengan stelan baju batik warna biru dengan kombinasi celana hitam, Nofi Candra didampingi tim Wendra Amir, Jasnil Khaidir  dan Patrius Rere diterima ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Solok H. Armen Plani bersama jajaran pengurus yang sekaligus anggota fraksi Partai Nasdem DPRD Kab. Solok buya Azwirman dan Hidayat B. Ac serta Nopi Jananto.

Menyambut rekomendasi itu, Nofi Candra mengaku semakin temotivasi mengikuti Pilkada Kab Solok. Satu hal yang membuat NC merasa takjub, karena dirinya mendapatkan kepercayaan maju sebagai bacalon bupati Solok benar-benar tanpa mahar, seperti sejak awal telah ditegaskan sebagai partai Tanpa Mahar.

BACA JUGA:  Bupati Gusmal: Camat dan Wali Nagari Jangan Tinggalkan Daerah Pada Malam Pergantian Tahun Baru

” Partai Nasdem bebar-benar menunjukkan komitmennya tanpa mahar. Kecuali mengeluarkan biaya survey dan langsung dibayarkan kepada lembaga Survey yang dipercaya partai, kita tidak ada mengeluarkan uang. Mulai dari penjaringan, pendaftaran, hingga dikeluarkan rekomendasi, tidak ada biaya,”  kata Nofi Candra.

Terhadap rekomendasi itu, ketua bersama jajaran pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Solok mengaku lega, karena partai besutan Surya Paloh itu telah mengeluarkan rekomendasi kepada Nofi Candra sebagai Calon Bupati Solok.

Ketua DPD Partai Nasdem Armen Plani mengaku rekomendasi DPP Partai Nasdem kepada Nofi Candra merupakan keputusan yang tepat dan pihaknya mengaku siap memenangkan Nofi Candra menjadi Bupati Solok periode 2020-2025.

Armen Plani menyebutkan, dalam surat rekomendasi dengan nomor: 123-SI/RP/DPP-Nasdem/III/2020 tanggal terter 18 Maret 2020 yang ditanda tangani Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasden Ahmad HM. Ali bersama Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu Prananda Surya Paloh itu, memuat beberapa item yang bersifat instruksi  tentang persetujuan pencalonan Nofi Candra.

NC bersama pengurus partai Nasdem berdiskkusi tentang strategi pemenangan Pilkada Kabupaten Solok tahun 2020
NC bersama pengurus partai Nasdem berdiskkusi tentang strategi pemenangan Pilkada Kabupaten Solok tahun 2020

Dikatakan, berdasarkan hasil penjaringan dan penyaringan sesuai mekanisme partai Nasdem dalam rangka pemilihan Bupati-Wakil Bupati Solok tahun 2020-2025,  DPP Partai Nasdem menyetujui Nofi Candra sebagai calon bupati Solok dalam  pemilihan Bupati-Wakil Bupati Solok tahun 2020-2025.

Atas persetujuan itu, DPP Partai Nasdem memerintahkan DPD (Dewan Pimpinan Daerah) untuk bersama-sama dengan calon melakukan komunikasi politik dengan partai lain guna mencari pasangan calon (Paslon) Wakil Bupati untuk memenuhi syarat pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab. Solok dan melakukan konsolidasi internal guna mendukung pencalonan.

Kepada calon (Nofi Candra), DPP Partai Nasdem mewajibkan memenuhi persyaratan pencalonan ke KPUD Kab. Solok sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku dan melaporkan hasilnya kepada DPP Partai Nasdem selambat lambatnya 14 hari sebelum dibukanya pendaftaran pencalonan Pilkada 2020-2025.

BACA JUGA:  Sah. KPU dan Pemkab Solok Akhirnya Sepakati Dana Pilkada 2020 Rp. 25 Miliar

Ditegaskan, rekomendasi tersebut berlaku hingga dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) DPP Partai Nasdem tentang persetujuan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok yang menjadi persyaratan pendaftaran Paslon ke KPUD Kab. Solok.

Siap Memenangkan NC

Terhadap itu, Armen Plani menyatakan kesiapannya melaksanakan perintah melakukan komunikasi politik dengan lintas partai bersama Nofi Candra unntuk mencar calon wakil bupati.

” Kita partai Nasdem Kabupaten Solok Siap memangkan Nofi Candra. Bahkan kita juga telah melakukan komunikasi politik dengan partai lain, agar bagaimana nanti Nofi Candra bisa maju sebagai Calon Bupati Solok,” ulang Armen Plani.

Armen menyampaikan itu, karena  untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Solok membutuhkan dukungan 20 persen atau sebanyak 7 kursi partai di lembaga DPRD. Semantara kekuatan Nasdem baru memiliki 4 kursi, sehingga diperlukan 3 kursi tambahan dari partai lain.

” Kita terus berjuang untuk mendapatkan partai koalisasi sehingga bisa memenuhi syarat mengusung calon bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok,” tutur Armen Plani yang juga ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kab. Solok itu.

Kesiapan partai NasDem untuk memenangkan Nofi Candra menjadi Bupati Solok, juga diungkapkan Hidayat, B. Ac. Ia mengklaim mesin  partai NasDem akan jalan maksimal dan ingin menjadi partai terdepan di daerah penghasil bareh itu.

” Kita menyambut rekomendasi pencalonan Nofi Candra dengan gembira, karena DPP Partai Nasdem betul-betul  telah menunjuk orang yang tepat,” ucap Hidayat.

Pendapat yang sama disampaikan pengurus partai Nasdem lainnya, Azwirman. Sekrtaris Fraksi Nasdem yang biasa dipanggil buya itu menyebutkan, melihat situasi politik yang berkembang, memang layak Nofi Candra diusung menjadi bupati Solok.

” Partai Nasdem mengadakan survey dan telah melalui mekanisme yang jelas selama 6 bulan, baru kemudian dikeluarkan rekomendasi. Karena itu sudah tepat partai Nasdem menjatuhkan dan sekaligus menumpangkan harapan kepada Nofi Candra untuk memimpin kabupaten Solok,” tegasnya.

BACA JUGA:  Nasrul Abit Dicopot, DPD Gerindra Sumbar Diguncang Prahara?

Reporter: Melatisan

Facebook Comments

loading...