Nasabah Keluhkan Pelayanan Bank Nagari Cabang Painan

Kantor Bank Nagari Cabang Painan Pesisir Selatan.

PAINAN—Rendahnya pelayanan Bank Nagari Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dari lima teller yang ada, hanya dua saja yang difungsikan. Kondisi tersebut, mengakibatkan seringnya terjadi antrean panjang dan memakan waktu berjam-jam bagi nasabah untuk menunggu giliran.

“Bahkan tadi, hanya satu teller saja yang difungsikan,” kata Pupung (35), seorang nasabah pada wartawan di Painan, Jumat (28/6).

Menurutnya, kondisi tersebut kerap dialaminya sehingga mesti menjadi perhatian serius pihak manajemen. Apalagi, Bank Nagari merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Pesisir Selatan.

“Ya, harus ada semacam standar waktu yang jelas dalam tiap pelayanan di teller. Jangan sampai nasabah resah akibat kelamaan menunggu,” ucapnya lagi.

Padahal, lanjut dia, bank pelat merah itu mengklaim selalu memberikan pelayanan yang optimal bagi nasabahnya. Kemudian sudah memperbesar porsi kredit komersil dibandingkan kredit konsumtif.

“Idealnya mesti seperti itu, tapi kenyataannya tidak. Padahal keberadaan Bank Nagari adalah untuk pembangunan daerah,” tutur pria yang juga memiliki Toko Eiger di Jalan Ilyas Yacub, Painan tersebut.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Almayzar mengakui hingga kini pihaknya memang masih mengoperasikan dua teller saja. Sedangkan saat jam istirahat hanya memfungsikan satu teller.

“Benar, namun pas jam istirahat kami tetap mengoperasikan satu teller. Kami berharap nasabah mesti bersabar,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya berjanji bakal melihat perkembangan selanjutnya. Jika memang dibutuhkan penambahan teller, maka Bank Nagari Painan akan meminta pada kantor pusat di Padang.

Sebelumnya, Bank Nagari Cabang Painan juga dikeluhkan nasabah lainnya terkait kosongnya sejumlah ATM di daerah itu.

Seperti yang dikatakan Buyung (31) warga Koto XI Tarusan, ia merasa kecewa ketika hendak menarik uang tunai pada ATM Bank Nagari di RSUD M.Zein Painan. Betapa tidak, ia tidak bisa menarik uangnya dikarenakan ATM sedang kosong.

BACA JUGA:  DPRD Kab Solok Siap Bekerjasama Dan Mendukung Baznas Dalam Mengatasi Kemiskinan

“Padahal, saya sangat membutuhkan uang. Saat itu istri saya sedang di rawat habis melahirkan,” ujarnya.

Ia berharap, pihak Bank Nagari Cabang Painan dapat mengantisipasi hal itu secepatnya. Apalagi kondisi tersebut sering terjadi menjelang libur lebaran dikarenakan kebutuhan nasabah meningkat.

“Tujuan ATM itu, kan untuk mempercepat nasabah menarik uang. Jadi kalau bisa 24 jam harus terus diisi dan di pantau.  Apalagi saat lebaran, pokoknya jangan sampai kosong,” tuturnya.

Penulis : Okis Rockin

Editor : Malin Marajo

Facebook Comments

loading...