Beranda Ekonomi Musrenbang Kelurahan Tanah Garam Kota Solok Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Musrenbang Kelurahan Tanah Garam Kota Solok Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Musrenbang
Anggota DPRD Wazadly,SH memberikan sambutan saat pembukaan Musrenbang Tingkat Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Rabu (3 februari 2021)

Beritanda1—Upaya pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19, menjadi prioritas dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Rabu (3 Februari 2021).

Musrenbang tersebut terasa istimewa, lantaran dihadiri oleh empat orang anggota DPRD dari daerah pemilihan Lubuk Sikarah. Di antaranya Rusdi Saleh, Rusnaldi, Taufiq Nizam dan Wazadly. Selain itu, tampak hadir Camat Lubuk Sikarah, Novri Aprilizen, S.STP, Msi Sekretaris Bappeda,Hendrizal,SH,Ketua LPMK, Jasrizal Syarief Dt. Malano Sati  dan Tokoh masyarakat serta RT dan RW.

Ketua lembaga pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanah Garam, Jasrizal Syarief menyampaikan dalam musrenbang ini, dimunculkan tentang upaya memulihkan ekonomi yang semakin merosot semenjak covid-19 melanda dunia.

“Sebaiknya  usulan yang akan kita prioritaskan saat ini adalah tentang usaha kecil dan menengah dan jangan mengarahkan kepada kegiatan fisik saja.  Sudah saatnya kita melakukan pemulihan ekonomi secara bersama–sama,”ujarnya.

Sedangkan Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengisi aplikasi usulan perencanaan. Untuk saat ini, kata camat, memang mengutamakan usulan pada bidang ekonomi, agar roda ekonomi dapat berjalan normal kembali.

Saat ini kata dia, ada dana kelurahan untuk sarana dan prasarana,  namun dana tersebut belum maksimal.  Ia berharap pada tahun depan adalagi dana gotong royong badunsanak untuk masing-masing kelurahan, karena memiliki dampak besar terhadap kelurahan.

“ Semoga melalui Musrenbang ini dapat disusun rencana program dan kegiatan yang  prioritas dan strategis.  Sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Novri.

Senada, Anggota DPRD Rusdi Saleh berharap peserta musrenbang mengusulkan program prioritas untuk pembangunan, terutama bidang ekonomi.  Musrenbang merupakan wadah menampung aspirasi masyarakat secara nyata. Ia berharap dengan APBD Kota Solok yang sangat kecil ini,  diprioritaskan untuk kebutuhan mendesak.

BACA JUGA:  Lawan Covid-19, Syahrul Furqan Serahkan APD Untuk Paramedis di Dharmasraya

“Proses yang kita lakukan ini merupakan perencanaan untuk tahun 2022.mari kita sama – sama mengawal usulan ini agar bisa difasilitasi,”ucap Saleh.

Sedangkan Wazadly mengatakan, musrenbang ini diharapkan dapat melahirkan terobosan dalam  perencanaan yang dapat membantu percepatan pemulihan di masa pandemi. Seperti meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui Ekonomi kreatif.

“Saat kita berbicara pembanguan berkualitas maka kita berbicara bagaimana kita mengembalikan, memulihkan agar dampak kontraksi perekonomian yang besar ini akan bisa terselesaikan. Kita berharap pemulihan yang nantinya kita bisa dorong adalah pemulihan yang memberi kesempatan berkembang bagi masyarakat,” ujarnya.

Reporter: Wahyu Haryadi

Artikel sebelumyaPMI Kota Bukittinggi Bantu Pelajar Korban Banjir Kota Solok
Artikel berikutnyaKabupaten Solok Sabet Juara Umum II Kejurda Piala Kapolda Sumbar 2021