Mubes V Ipekos, Hantarkan Zulhafzi sebagai Ketua Umum Periode 2020-2025

Mubes V Ipekos
Zulhafzi, Ketua IPekos 2020-2025

Beritanda1 –Musyawarah Besar(Mubes) ke V Ikatan Pemuda Koto Baru Solok(Ipekos) berhasil menghantarkan Zulhafzi ,ST sebagai ketua umum Dewan Pimpinan Induk  Ipekos periode 2020-2025.

 

Mubes yang digelar di ruang pertemuan lantai I mesjid Islamic Center Koto Baru Kabupaten Solok, Minggu (20 September 2020) tersebut berlangsung alot dengan dinamika tinggi.

Zulhafzi unggul tipis satu suara dari kandidat lainnya Yongki Riswanto SH. Dari 45 voter yang berasal 5 orang pemuda utusan perwakilan (Jorong) ditambah 5 orang dari pengurus Ipekos demisioner, Zulhafzi berhasil mendapat dukungan sebanyak 23 suara, sedangkan Yongki Riswanto 22 suara.

Mubes Ipekos ke V tersebut dibuka oleh Camat Kubung Ricky Carnova S.Stp dan dihadiri oleh Kapolsek Kubung, Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir Malin Batuah, Ketua BPN Andri Putra, KAN dan ketua lembaga lainnya yang ada di nagari tersebut. Sepanjang pelaksanaan,  Mubes ke V tersebut berlangsung dalam protokol Covid-19 yang ketat.

Mubes V Ipekos
Penghitungan Suara pemilihan ketua Umum

Selain melakukan pengukuran suhu tubuh bagi peserta sebelum mauk arena Mubes, panitia juga menyediakan masker bagi seluruh peserta. Sedangkan selama pelaksanaan, jarak antara peserta juga  diatur. “Ini komitmen kami sebagai panitia, ketika mengurus izin kegiatan ini kepada Satgas Covid-19 Kecamatan Kubung dan Polsek Kubung,”kata koordinator seksi acara Dody Atmanegara.

Menyemangati itu, Camat Kubung Ricky Carnova mengapresiasi pelaksanaan Mubes ke V Ipekos tahun 2020 tersebut. Menurutnya, Ipekos merupakan salah satu organisasi kepemudaan nagari yang sudah memiliki tata kelola organisasi yang jelas.

“Peaksanaan Mubes ini merupakan cerminan, bahwa Ipekos adalah organisasi kepemudaan dengan tata kelola dan mekanisme organisasi yang baik. Semoga Ketua terpilih mampu bersinergi dengan pemerintahan nagari dalam mendukung program pemerintahan,” ujar Ricky.

Senada dengan itu, Wali Nagari Koto Baru berharap ketua terpilih mampu merangkul semua elemen kepemudaan di nagari itu dalam menggerakkan kegiatan kepemudaan ke arah yang positif dan bermartabat. Ia mendorong ketua terpilih segera menyusun kepengurusan baru secepatnya dan bersinergi dengan semua lembaga yang ada di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok tersebut.

BACA JUGA:  Darul Fauzi Dilantik Jadi Wali Nagari Manganti, Bupati: Wali Nagari Ujung Tombak Pelayanan

“Terima Kasih kepada Ketua Ipekos periode 2015-2020, yang telah melaksanakan amanah dengan baik hingga menghantarkan Mubes ke V ini dengan sukses. Semoga pengurus baru yang terbentuk nantinya mampu berbuat lebih di masa yang akan datang,” ucap Wali Nagari Afrizal Khaidir.

Mubes V Ipekos
Kiri-kanan (Ketua Umum terpilih Zulhafzi, Ketua umum demisioner Yutiswandi dan Yongki Riswanto tampak kompak selepas pemungutan suara.

Sementara itu ketua Ipekos periode 2015-2020 Yutiswandi, SE,  mengungkapkan, pelaksanaan Mubes Ipekos tersebut merupakan amanah dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ipekos. Agenda lima tahunan itu tak hanya memilih Ketua Umum Pimpinan Induk, namun menjadi wadah dalam menyempurnakan AD/ART dan merumuskan rekomendasi tata kerja Organisasi untuk periode berikutnya.

“Mubes ini sekaligus wadah pembelajaran berorganisasi bagi pemuda yang berasal dari perwakilan. Ada tahapan pleno musyawarah yang mesti dilalui dulu sebelum masuk agenda puncak untuk memilih Ketua Umum. Dinamika yang berkembang selama Mubes merupakan cerminan semangat kawan-kawan pemuda untuk membesarkan Ipekos,” terangnya.

Ia berharap, pengurus baru nantinya, mampu mengangkat marwah Ipekos menjadi lebih baik lagi dari periode sebelumnya. karena tantangan ke depan akan semakin berat. Peran pemuda dinilai sangat penting dalam membantu menyelesaiakan berbagai persoalan di nagari.

“Selamat kepada ketua terpilih dan terima kasih kepada seluruh pengurus demisioner yang telah bekerja sama menuntaskan amanah untuk periode 2015-2020, semoga menjadi amal ibadah di sisi Allah Ta’ala,” pungkasnya.

Reporter: Wezi Rismanto

Facebook Comments

loading...