Meriahkan Haornas, Disparpora Sijunjung Gelar Kejuaraan Catur Non Master 2019

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin melakukan langkah catur pertama tanda dibukanya turnamen catur terbuka non Master 2019 ke 5, Jumat (20/9) digedung Pancasila Muaro Sijunjung.

SIJUNJUNG – Guna memeriahkan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2019, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) bekerjasama dengan PERCASI kabupaten Sijunjung menggelar Turnamen Kejuaraan catur Terbuka Bupati Sijunjung ke-5  non Master 2019 yang dibuka secara langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Jumat (20/9) di gedung pancasila Muaro Sijunjung.

Kejuaraan catur Terbuka tersebut diikuti oleh 519 peserta yang berasal dari 43 Kabupaten Kota dari 13 Provinsi se- Indonesia di tujuh kelas yang diperlombakan.

Kepala Dinas Parpora Sijunjung Afrineldi SH didampingi Ketua Persatuan Catur Indonesia (PERCASI) Kabupaten Sijunjung Yulizar MP mengatakan bahwa kegiatan turnamen tersebut dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 20 hingga 22 September 2019 mendatang. “ Sebanyak 519 peserta Senior dan Junior terbuka atau umum serta dari berbagai Sekolah, baik tingkat SD, SLTA dan SLTP ikut ambil bagian pada Turnamen Catur Terbuka kali ini,” ujarnya.

Afrineldi juga menuturkan sesuai dengan Mottonya Gens Una Sumus yang artinya kita bersaudara, tujuan dilaksanakannya turnamen ini juga untuk menjalin silaturahmi antar pemain. “Disamping itu, kita juga mencari bibit untuk Even-even resmi yang di laksanakan setiap tahun seperti porprov, PON maupun tingkat Internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Percasi Sijunjung Yulizar menambahkan pada turnamen catur terbuka kali ini menggunakan kategori catur cepat dengan waktu 25 Menit yaitu sistem Swis atau sistem 7 babak, dimana setiap pemain akan bermain sebanyak 7 kali dan penentuan pemenang akan dilihat dari masing-masing poin. “ Para pemenang turnamen catur akan diberikan sertifikat, medali serta uang pembinaan dan total hadiah yang diperebutkan yaitu 65 juta rupiah,” tambahnya

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa event Kejuaraan Catur terbuka tersebut telah menjadi agenda tahunan dan insha Alloh akan terus dilaksanakan tiap tahunnya guna mencari para bakal calon atlet berprestasi serta mengembangkan bakat dan minat siswa siswi maupun kaum milenial terhadap olahraga catur. ” Jaga sportifitas,  jadikan turnamen ini sebagai ajang bertukar ilmu, tukar pikiran, tukar pengalaman dan ajang silaturahmi sesama penggemar dan pelaku olahraga catur, selamat bertanding, serta semoga atlet Sijunjung bisa menjadi juara umum,” tutupnya.

BACA JUGA:  Aditya Pratama, Atlit Termuda di Kejuaraan Bulutangkis Kecamatan Linggo Sari Baganti 2020

Reporter : Oghai

Editor     : Melatisan

 

Facebook Comments

loading...