Merasa Tidak Dilibatkan Dalam Penyusunan, Wabup Pasaman Atos Pratama Tunda Pelantikan 32 Pejabat Eselon III dan IV

Para pejabat eselon III dan IV yang urung dilantik oleh Wabup Pasaman, Jumat (30/8)

LUBUK SIKAPING – Merasa tidak dilibatkkan dalam proses Mutasi 32 pejabat struktural setingkat eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Pasaman, Wakil Bupati setempat, Atos Pratama menunda pelantikan yang sedianya berlangsung Jum’at (30/8).

Terhadap penundaan dalam batas waktu yang tidak ditentukan, menurut Atos Pratama karena merasa ada sesuatu yang tidak dijalankan semestinya. Ia bahkan merasa dizalimi oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis serta Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Atos Pratama dihadapan puluhan awak media pada Jumat (30/8/2019) mengatakan,  pelantikan yang dijadwalkan pukul 16.00 WIB,  harus ditunda dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Atas kejadian itu, Atos menyampaikan permohonan maaf dan merasa berat hati terhadap 32 orang pejabat yang terlanjur datang memenuhi undangan pelantikan, tetapi harus pulang ke rumah masing-masing kembali. “Sebelumnya saya mohon maaf kepada para Pejabat yang akan dilantik. Ini sudah untuk yang kedua kalinya pelantikan besar-besaran pejabat struktural di lingkungan Pemkab Pasaman yang sama sekali tidak melibatkan saya sebagai Wakil Bupati Pasaman dalam penyusunannya. Sebelumnya, saat pelantikan 11 pejabat eselon II juga tidak ada melibatkan saya sama sekali. Ini jelas saya didzolimi oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis maupun Baperjakat,” kata Atos Pratama dihadapan hadirin di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Jumat (30/8/2019) malam.

Atos Pratama juga mengatakan,  untuk penyusunan 32 pejabat struktural ini sangat jauh berbeda datanya dari lembar Baperjakat yang ada dengan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan hari ini. “Saya tidak mengerti dengan apa yang ada difikiran bapak Bupati maupun Baperjakat. Paraf saya sebagai wakil Bupati pun sama sekali tidak ada. Kalau istilah media sosialnya yang sering saya dengar yaitu ‘Non Job’,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Kalahkan Koto Rajo Fc, Tim Panti Fc Selangkah Lagi Bakal Boyong Piala Tanbertara Cup 2019

Kemudian, tambah Atos, setelah berkas pelantikan tersebut selesai, dijadwalkan dilantik sebagaimana yang tertera di surat BKPSDM sekitar pukul 16.00 WIB. Namun ia baru menerima berkas bersama surat perintah pelantikan sekitar pukul 17.00 WIB. “Anehnya, sudahlah saya tidak dilibatkan dalam penyusunan puluhan pejabat yang akan dilantik ini. Malah saya ditugaskan oleh Bupati Pasaman untuk melantik. Padahal Bupati Yusuf Lubis ada ditempat, tapi baperjakat dalam hal ini Sekretaris Daerah tidak ditempat. Ini permainan apa? Hal ini saya sampaikan agak publik mengetahui apa yang sebenarnya terjadi,” tegas Atos.

Ia beralasan tidak bisa melanjutkan pelantikan puluhan pejabat struktural tersebut dengan kondisi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya tersebut. “Saya tegaskan tidak ada kesan ‘like maupun dislike’ dengan teman-teman semua yang akan dilantik. Karena saya tidak tega dengan adanya teman-teman kita yang Non Job usai pelantikan ini. Okelah kita semua berbahagia bisa dilantik, namun kasihan yang lain non job,” ungkapnya.

Meskindemikian, Atos Pratama enggan menyebutkan rincian nama-nama yang ‘non job’ dalam pelantikan kali ini. “Maka dari itu, dengan dasar dan kondisi inilah saya wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama yang ditugaskan oleh  Bupati Yusuf Lubis tidak bisa melaksanakan pelantikan ini sampai masalah ini selesai. Dari lubuk hati yang paling dalam kita semua pulang dulu kerumah masing-masing,” tutupnya.

Sementara itu,  salah seorang pejabat struktural yang hadir dilokasi, Budi Cendikia Putra mengaku sangat terkejut dengan kondisi tersebut. Bahkan kata dia pihak panitia sendiri memang tergesa-gesa tadi menginformasikan adanya pelantikan tersebut. “Saya hanya diberi waktu 10 menit untuk persiapan dengan jas lengkap datang kesini sekitar pukul 17.30 WIB tadi. Sama sekali tidak menyangka adanya kondisi seperti ini,” ungkapnya kepada awak media.

BACA JUGA:  Gelar Musrenbang, Pemkab Pessel Bakal Gunakan Video Conference

 Repoter : MA

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...