Menuju New Normal, Pemkab Dharmasraya Matangkan Persiapan Pelayanan Publik

tinjau
Menuju fase new Normal, bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan tinjau kesiapan pelayanan publik pada dinas PM-PTSP dan Dinas Kominfo setempat, Jumat (5/6)

Britanda1 – Guna mematangkan persiapan  pelaksana pelayanan publik menuju fase New Normal di Kabupaten Dharmasraya,  Bupati setempat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sambangi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Dinas Kominfo daerah itu, Jumat (5/6/20).

 

Kehadiran orang nomor wahid daerah mekar itu, juga didamping Sekretaris Daerah H Adlisman, Kadis Kominfo Reno Lazuardi, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya.

Agenda tersebut  merupakan implementasi  menghadapi fase New Normal  dengan mengedepankan prinsip kesehatan masyarakat serta mempertimbangkan ekonomi dan sosial, sekaligus sebagai evaluasi kesiapsiagaan masyarakat agar berupaya merobah perilaku mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pada prinsipnya,  Epidemiologi, sistem kesehatan dan survelens kesehatan masyarakat  harus menjadi perhatian khusus Pemerintah selama New Normal,” kata Sutan Riska.

Tinjau
Bupati Dharmasraya dengarkan penjelasan kepala Dinas PM-PTSP soal kesiapan pelayanan publik

Atas alasan-alasan itu,  pemkab Dharmasraya harus mengedepankan inovasi terkait kebijakan dan upaya dalam merubah perilaku masyarakat saat menghadapi New Normal.

Dharmasraya juga akan selalu mendukung segala program dan kebijakan yang telah di buat oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat untuk membentengi diri masyarakat agar tidak ada lagi terpapar Covid-19.

Bupati Dharmasraya menekankan, seluruh Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menghadapi fase Era New Normal, tetap berpedoman kepada Keputusan menteri dalam negeri No 440-842/2020, tentang perubahan atas keputusan menteri dalam negeri nomor 440-842/2020, tentang pedoman tantanan normal baru produktif dan aman Corona virus disease 2019 bagi aparatur sipil negara di lingkungan kementerian dalam negeri Dan pemerintah daerah.

Selanjutnya, pedomani Surat Edaran (SE) menteri pendayagunaan aparatur negara Dan reformasi birokrasi No: 58/2020 tentang sistem kerja pegawai aparatur sipil negara dalam tatanan normal baru.

BACA JUGA:  Apel Siaga Bencana, Bupati Hendrajoni Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

Serta SE menteri pendayagunaan aparatur negara Dan reformasi birokrasi No: 54/2020 tentang perubahan ketiga atas Surat edaran menteri pendayagunaan aparatur negara Dan reformasi birokrasi No: 19/2020 tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan instansi pemerintah.

Bersama
Bupati Dharmasraya foto bersama dengan pegawai dinas PM-PTSP selepas meninjau pelayanan publik di kantor tersebut

Kemudian  mempedomani SE No 15 tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman covid di masa pandemi, dilanjutkan dengan SE No: 12/2020 tentang pemulihan aktivitas perdagangan yang dilakukan pada Masa pandemi Covid-19 Dan new normal.

Termasuk SE No: HK. 02.01/MENKES/335/2020 tentang protokol pencegahan penularan covid-19 di tempat kerja sektor jasa Dan perdagangan ( area publik) dalam mendukung keberlangsungan usaha

Terakhir, harus mempedomani SE No: 15/2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam Masa darurat penyebaran Covid-19, sehingga Dapat sebagai pedoman dakam perpanjangan masa belajar di rumah. Karena masa belajar dari rumah (tahap II) akan berakhir tanggal 7 Juni 2020. Pembukaan sekolah Hanya boleh dilakukan untuk daerah zona hijau.

Reporter: S Hanif

 

Facebook Comments

loading...