Mendaki Gunung Merapi, Seorang Pendaki Terpeleset di Area Cadas

TANAH DATAR – Malang sekejap mata. Bermaksud hendak menaklukan puncak gunung Merapi apa daya nasib berkata lain. Akibatnya, seorang pendaki gunung asal kota Bukittingi, mengalami kecelakaan dan terjatuh di kawasan  daerah cadas,  beberapa meter menjelang puncak gunung.

Informasi yang diperoleh,  korban yang diketahui  identitasnya sebagai Alfaritzi Maulana (20), awalnya melakukan pendakian bersama 7 orang rekanya pada Rabu (3/7) kemaren. Namun saat hendak turun, korban yang merupakan warga Tangah Sawah Kota Bukittinggi itu mengalami musibah kecelakaan. Ketika telah sampai di cadas, korban terpeleset dan lututnya terbentur dengan batu cadas. Kelaluannya, Alfaritzi Maulana , anak dari Herman Arif dan Darmawati itu tidak dapat lagi berjalan.

Mahasiswa asal Bukittinggi itu mengalami kecelakaan beberapa meter menjelang puncak gunung Merapi. Untuk menyelamatkan temannya,  rekan korban kemudian memberitahukan petugas BPBD dan PMI  Bukittinggi. Mereka cepat  meminta bantuan. Petugas PMI begitu mendapatkan informasi, langsung mengerahkan 12 personilnya untuk membantu evakuasi korban. “Sebanyak 12 personil telah turun untuk membantu evakuasi korban,” ujar Ahmad Jais kepala Markas PMI Bukittinggi.

Bersamaan pertolongan juga dilakukan pihak BPBD Tanah Datar. Petugas BPBD memastikan telah  menurunkan anggotanya ke lokasi agar segera diberikan bantuan. “ Korban kita evakuasi malam ini (Kamis-Red) juga. Beberapa relawan  telah menuju TKP,” terang Robert Chaneldi, Kasi Kedaruratan BPBD Tanah Datar, Kamis (4/7).

Menurutnya, tim yang turun ke lokasi berjumlah  11 orang telah berada di ketinggian 1750 mdpl. Sekira beberapa jam ke depan akan tiba. “ Korban yang mengalami nasib malang itu berada di ketinggian 1.820 mdpl,” ujar Robert Chaneldi,

Dijelaskannya, dalam mengevakuasi korban dibantu oleh BPBD Tanah Datar, PMI Agam dan sejumlah relawan.”Saat ini tim 1 sudah sampai di lokasi tempat terpelesetnya korban untuk memberikan pertolongan pertama, Sedangkan untuk mengevakuasi korban masih menunggu tim dua yang membawa peralatan untuk evakuasi,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pria di Pasaman Ini Duel dengan Perampok, Satu Pelaku Berhasil Diciduk

Reporter       : Malin Marajo

Editor            : Melatisan

Facebook Comments

loading...