Beranda Daerah Menakjubkan! Bekas Lokasi Tambang di Padang Pariaman Direkayasa Menjadi Objek Ekowisata

Menakjubkan! Bekas Lokasi Tambang di Padang Pariaman Direkayasa Menjadi Objek Ekowisata

Lokasi
Bekas Lokasi Tambang di Padang Pariaman Direkayasa Menjadi Objek Ekowisata

Beritanda1 – Menakjubkan! Lokasi bekas tambang galian C di Nagari Balah Hilir Kabupaten Padang Pariaman, direkayasa menjadi objek ekowisata berbasis air.

Lokasi objek wisata air terbaru di Sumbar dan  terbilang unik itu, diresmikan pengoperasiannya oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi disaksikan Plt Dirjen PPKL (Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc, Kamis (17 Juni 2021).

Terkait itu, Sigit Reliantoro pada kesempatan mengapresiasi kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Pariaman, yang berhasil merubah lokasi bekas tambang menjadi objek wisata alam yang baru.

Menurut Sigit, saat ini adalah saatnya restorasi. Kerusakan alam tidak lagi hanya sebatas isu, tapi memang sudah menjadi permasalahan nyata yang harus diatasi.

” Karena itu saya mengapresiasi perubahan fungsi bekas lahan tambang ini menjadi objek ekowisata,” ujar Sigit Reliantoro.

Sigit sekaligus menaruh harapan, agar objek ekowisata ini ke depan ditargetkan tidak hanya sekedar mendatangkan pengunjung penikmat wisata, namun juga bisa memancing beragam satwa yang berguna bagi keseimbangan dan restorasi lingkungan.

“Kita harap objek ekowisata ini tidak hanya akan mendatangkan pengunjung, namun juga akan mendatangkan satwa-satwa yang melahirkan habitat baru yang lebih baik. Dengan begitu maka restorasi lingkungan kita akan berjalan dengan optimal,” papar Plt Dirjen jebolan Cornell University Amerika Serikat ini.

Mengiringi peresmian itu, Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas bantuan dan bimbingan yang diberikan sehingga berhasil merubah lingkungan bekas tambang menjadi suatu kawasan yang produktif dan sehat kembali.

“Saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta kepada Bupati Padang Pariaman, yang telah berhasil melakukan upaya-upaya penyehatan lingkungan melalui perubahan lokasi bekas tambang ini menjadi objek ekowisata,” ujar Gubernur.

BACA JUGA:  Buka TMMN di Agam, Gubernur Mahyeldi: Perioritas Kegiatan Daerah Pedesaan Tertinggal

Gubernur menyampaikan, objek ekowisata yang dikelola oleh Pokdarwis ini diharapkan bisa menggerakan kawasan ini dengan berbagai even wisata dan olahraga.

” Kami dari Pemprov Insya Allah akan senantiasa memberikan dukungan yang diperlukan,” ucap Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Reporter: Melatisan/relis

 

Artikel sebelumyaPercepat Pembangunan Tol, Pembebasan Lahan di Padang Pariaman Perlu Disegerakan
Artikel berikutnyaBersama Lantamal II Padang, Dekranas Ciptakan Wirausaha Baru di Sungai Pisang