Memakmurkan Masjid, Upaya MTsM Sumani Mengembangkan Potensi Siswa

12
Susana Kegiatan Memakmurkan Masjid yang dilaksanakan siswa MTsM Sumani di masjid raya setempat.

SUMANI – Sebagai upaya meningkatkan pengamalan agama kepada siswa, MTsM Sumani memasukkan kegiatan Memakmurkan Masjid yang dilaksanakan selepas  mengikuti PBM (Proses Belajar Mengajar) di sekolah tersebut. Saban hari, semua siswa dihimbau melaksanakan shalat berjama’ah dan penampilan potensi diri. Program Memakmurkan Masjid itu dilaksanakan pada dua tempat ibadah berbeda, surau wakaf Pasar Sumani dan Masjid Raya Sumani.

Wakil Kepala MTsM Sumani Afri Masri, SE, MM  menyebutkan,  pada pekan pertama bulan September 2019, kegiatan digelar di Masjid Raya Sumani. Diawali dengan shalat Zuhur berjamaah bersama jamaah Masjid Raya Sumani, kegiatan ini bertepatan dengan  pekan pertama Muharam 1441 H.” Selesai shalat, siswa yang telah ditunjuk sesuai jadwal, juga  menampilkan Musabawah Syahril Qur’an, Tahfiz, Asmaul Husna dan Tausiah serta  Pidato Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris,” papar Afri Masri.

Diungkapkan,  kegiatan memakmurkan Masjid telah dimasukan dalam rencana tahunan MTsM Sumani. Tujuannya lebih untuk membiasakan siswa  melaksanakan shalat berjamaah dan melakukan aktivitas di Masjid. Dengan kegiatan siswa itu, diharapkan berpengaruh ke lingkungan keluarga dan lingkungan siswa bersangkutan.

Dalam hal penampilan, seluruh siswa diberi kesempatan yang sama sesuai bakat dan skill masing-masing. Pembina OSIM bersama Wali Kelas akan memetakan bakat siswa ini, untuk kemudian disusun jadwal yang akan diikuti.

Menanggapi program tersebut, kepala MTsM Sumani Hj. Susi Elfina, S.Ag memastikan, untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat lewat prestasi akademik, MTsM Sumani berupaya menunjukan siswa Madarasah sebagai sosok yang berkarakter dan unggul dalam pengamalan ibadah. “ Salah satunya kebiasaan shalat berjamaah di masjid dan mushalla,” paparnya.

BACA JUGA:  33 Siswa Madrasah Wakili Kab. Solok Lomba KSM Provinsi, Ini Nama-namanya

Ia mensyukuri, sejak  diluncurkan beberapa tahun lalu, hingga kini program Memakmurkan Masjid berjalan dengan baik. Walu belum maksimal, namun hasilnya sudah mulai terasa. “ Perkembangan itu kita ketahui berdasarkan komunikasi dengan ara orang tua siswa. Umumnya orang tua merasakan adanya perubahan dan peningkatan pola ibadah para siswa” sebut Hj. Susi.

Ia menambahkan, selain program memakmurkan Masjid sekali seminggu, MTsM Sumani juga menggalakan Tadarus dan Shalat Duha bagi para siswa. Ini dilakukan setiap hari. Tadarus dilakukan selesai apel pagi sebelum memulai pelajaran, untuk Duha dilakukan saat jam istirahat yang dilanjutkan dengan Zuhur Berjamaah.” MTsM Sumani juga melaksanakan Mabit agar siswa terbiasa beribadah malam, seperti Tahajud dan Tadarus serta muzakarah,” tutupnya.

Reporter : Fendi

Editor     : Melatisan

 

Loading...
loading...