Masuki Masa Pensiun, ASN Harus Siapkan Psikologi

Arahan—Bupati Solok H. Gusmal,SE MM menyampaikan arahan di hadapan para ASN yang mengikuti sosialisasi dalam rangka memasuki masa purna tugas di lingkungan Pemkab Solok di Arosuka, kemaren.

AROSUKA—Masa purna tugas adalah hal biasa yang harus dilalui oleh setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lantaran itu, seorang PNS sejatinya harus mempersiapkan diri secara psikologis agar masa pensiun tetap produktif dan bermanfaat di tengah masyarakat.

“Masa Purna Tugas adalah adalah hal biasa dan akan dialami oleh semua PNS. Untuk itu sikapilah  dengan bijak, tidak perlu cemas dan selalu bersikap optimis,” kata Bupati Solok Gusmal saat  membuka sosialisasi Ketaspenan, produk perbankan dan kewirausahaan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas di Arosuka, kemaren.

Selain menyampaikan selamat kepada para ASN yang akan memasuki masa purna tugas Bupati serta merta menyampaikan apresiasi karena telah berhasil melaksanakan amanah yang diberikan oleh negara dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Bupati berharap kepada para PNS yang akan pensiun untuk berpartisipasi dan berperan aktif memberikan saran dan masukan terutama dalam peningkatan kinerja aparatur pemerintah dan mensukseskan 4 Pilar Pembangunan kabupaten Solok. “Isilah masa purna tugas dengan sebaik-baiknya dengan tetap produktif dan bermanfaat untuk masyarakat di lingkungan masing-masing,” ucap Bupati

Selain dihadiri Bupati, kegiatan yang diinisiasi oleh BKPSDM dan PT. Taspen Cabang Padang serta Bank Mandiri Taspen tersebut diikuti oleh 190 orang peserta. Terdiri dari 150 Orang PNS yang akan memasuki batas usia pensiun dan 40 Orang Kasubag Umum dan Kepegawaian di masing-masing OPD.

 

Seementara itu Kepala BKPSDM Ferisnovel,SIP,M.Si mengatakan, Sosialisasi itu dimaksudkan untuk memfasilitasi dan mempermudah dalam pengurusan administrasi dan membekali PNS yang akan memasuki masa Purna Tugas.

BKPSDM Kabupaten Solok bekerja sama dengan Bank Mandiri Taspen Cabang Solok melaksanakan sosialisasi ketaspenan, produk perbankan dan kewirausahaan untuk menginformasikan kepada PNS yang telah memasuki Masa Purna Tugas(Pensiun) mengenai hak dan kewajibanya.

BACA JUGA:  Panen Raya di Nagari Minangkabau Sungayang, Gubernur Irwan Prayitno Harapkan Tanah Datar Terus Tingkatkan Produksi Padi

Disamping itu juga menginformasikan berbagai layanan perbankan yang tersedia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Pensiunan. “Kami juga membekali PNS yang memasuki masa purna tugas dengan ilmu kewirausahaan sebagai alternatif kegiatan yang dapat dijalankan dalam mengisi masa purna tugas,” kata Feris Novel.

Editor : MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...