Beranda Agama Masjid Megah di Komplek RS M Natsir Solok Diresmikan Gubernur

Masjid Megah di Komplek RS M Natsir Solok Diresmikan Gubernur

masjid
Gubernur Sumbar menandatangani prasasti menandai peresmian masjid Al Mustasyla di komplek RS M Natsir Solok, Minggu ( 7 Februari 2021)

Beritanda1 –Masjid Al Mustasyla yang berada di Rumah Umum Sakit Mohammad Natsir (RSMN) Solok, diresmikan pemakaiannya oleh Gubernur Sumatera Barat Prof. H.Irwan Prayitno, Minggu (7 Februari 2021).

 

Peresmian masjid megah yang dibangun oleh Yayasan Darianis Yatim tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita dihadapan Direktur RSMN drg Basyir Busnia, Wakil Direktur (Wadir) Bidang Umum dan SDM dr Elfahmi, Sp THT, Wadir Pelayanan dr Elvi Fitraneti, Sp PD dan Wadir Keuangan Yopi Oktavia, SE Ak, serta anggota DPRD Kota Solok Leo Murphy.

Ikut menandatangani prasasti, anggota DPRD Kota Solok sebagai perwakilan dari Yayasan Darianis Yatim (YDY) Solok  Rusdi Saleh, yang menjadi donatur terbesar pembangunan mesjid tersebut.

Selain mengucapkan terima kasih pada pihak YDY yang telah mengucurkan sumbangan lebih Rp 1 Miliar itu, Gubernur Irwan Prayitno juga mengucapkan terima kasih kepada para karyawan yang ikut berkontribusi membangun mesjid megah dan minimalis tersebut.

Irwan Prayitno berharap, agar mesjid tersebut benar-benar difungsikan untuk tempat peribadatan dan mendalami ilmu agama.

“Jika saya diundang, saya bersedia memberi tausyiah di mesjid ini nanti,” tutur Irwan Prayitno.

Ketika peresmian, Irwan Prayitno yang juga didaulat memberikan tausyiah mengatakan, jika ingin urusan dimudahkan, maka mudahkanlah urusan orang lain dan selalu beribadah kepada Allah SWT.

Mesjid yang berada dalam komplek RSMN itu mulai dibangun sejak setahun yang lalu. Mesjid berlantai dua itu menghabiskan biaya Rp Rp.2.036.224.200, yang sebagian besar ditanggung oleh YDY.

Sementara itu, Direktur RSMN Basyir Busnia mengungkapkan keinginan untuk mendirikan masjid waktu itu dengan cara mengumpulkan infak melalui gerakkan Rp 2000.

“Setiap karyawan menyisihkan uangnya sebanyak Rp 2.000 untuk diinfakan dan dana baru bisa terkumpul sebanyak Rp.160 juta, sedangkan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp2 Milyar,” kata  Basyir Busnia.

BACA JUGA:  Resmikan Lapangan Tembak, Bupati Dharmasraya Adu Ketangkasan Menembak dengan Dandim dan Kapolres
Masji Al Mustasyla
Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh

Beruntung, pada akhir tahun 2019, Panitia pembangunan Masjid bertemu langsung dengan Rusdi Saleh dari Yayasan Darianis Yatim (YDY) dan bersedia membangun masjid sampai buka kunci.

“Keluarga besar RSUD M Natsir mengucapkan ribuan terima kasih kepada Yayasan Darianis Yatim. Semoga bantuan ini menjadi amal jariyah bagi Yayasan Darianis Yatim yang telah mendirikan masjid dengan dua lantai untuk RSUD Mohammad Natsir,” ucapnya.

Menyambut itu, ketua harian YDY Rusdi Saleh menyampaikan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan pembangunan Mushalla di SMPN 5 Kota Solok senilai Rp 2 milyar dan pembangunan Pondok Pesantren Darut Thalib di Kelurahan Laiang.

Tujuan YDY membangun tempat ibadah di Kota Solok untuk meningkatkan iman dan taqwa serta meningkatkan nilai- nilai agama.

“Dengan telah selesainya pembangunan masjid ini, maka secara resmi kami serahkan seluruhnya kepada pihak RSUD Mohamad Natsir untuk dipergunakan sebagai tempat ibadah bagi kaum muslim di kawasan ini,” kata Rusdi Saleh.

Reporter: Wahyu Haryadi