Masa PSBB, Ibu Kreatif di Dharmasraya Manfaatkan Teras Rumah Untuk Kebutuhan Dapur

kreatif
Kreatif kaum ibu dalam mengatasi terhimpit kurang bahan dapur

Beritanda1 – Manfaatkan masa Bembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kaum ibu kreatif  di komplek Perumnas RT Wisma Gunung Sari, Jorong Ganting, Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, mengalihkan waktunya dengan menanam tanaman muda kebutuhan dapur di teras rumah mereka.

Dengan  memakai pot dan polibet, kegiatan kaum hawa itu tentunya  menjadi contoh bagi masyarakat yang memiliki pekarangan luas di daerah itu.

Ibu Liswarti adalah contoh dari sekian ibu-ibu yang memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan budidaya kebutuhan harian di dapur. Didampingi Osfa dan Reftina, Liswarti menyebutkan, dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, tidak satupun manusia yang mampu menetapkan kapan akan berakhir.

Atas alasan itu, dalam masa Physical Distancing sesuai dengan anjuran pemerintah, dirinya mengisi waktu dengan memanfaatkan pekarangan dan teras rumah. Bisa saja dengan bertanam segala bentuk kebutuhan dapur, seperti sayur bayam, kangkung, cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, terung, seledri, kacang panjang, serta berbagai macam jenis sayuran lainnya.

“ Kita berusaha memenuhi kebutuhan dapur dengan bercocok tanam sendiri di teras rumah,” sebut Liswarti saat di kunjungi media ini di Komplek Perumnas RT Wisma Gunung Sari, Senin (11/5/20).

Menurut kaum hawa tangguh itu, sejak warung makannya ditutup menyusul terjadinya  penyakit Corona sekitar 2 bulan silam, hingga keluarnya aturan pemerintah tentang PSBB, dirinya tidak memiliki penghasilan karena tidak  bisa berjualan, akibat sepi pembeli.

“Demi mengatasi dampak keterpurukan ekonomi rumah tangga, maka muncul ide untuk menanam sayuran dalam pot, hingga memanfaatkan bungkusan minyak goreng untuk dijadikan polibet tempat menanam sayuran, dan sejenisnya,” sela Osfa.

Setidaknya hasil tanaman dalam polibet, dengan memanfaatkan teras rumah, telah mampu mengatasi kebutuhan dapur keluarga. Sehingga anak-anak juga tidak kekurangan dalam mengkonsumsi sayur-sayuran, demi meningkatkan imun tubuh mereka.

BACA JUGA:  Dharmasraya di Landa Banjir dan Longsor, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan Siaga di Lokasi Terdampak

Adapun hasil dari 5 batang Cabai ditanam dalam pot mampu menutupi kebutuhan sehari. Makanya, bagi kaum ibu memiliki 20 batang tanaman cabai, mampu mengatasi kebutuhan keluarga setiap hari. Begitu juga dengan tanaman bawang, terung, serta tanaman sayur lainnya, pungkas ibu kreatif itu.

Repoter: S Hanif

Facebook Comments

loading...