Manajemen Keuangan Penentu Maju Mundurnya Usaha Seseorang

BUKITTINGGI – Guna meningkatkan pengetahuan tentang manajemen keuangan, sebanyak 40 pelaku UMKM di Kabupaten Solok diangkut ke kota Bukittinggi untuk mengikuti pelatihan Manajemen Keuangan hingga 2 Juli 2019 mendatang.

Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2019 yang dibuka Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM  di Hotel Grand Malindo itu, menekankan pentingnya manajemen.

Menurut Guamal, manajemen keuangan  sangat menentukan maju mundurnya usaha seseorang.  Dalam waktu tertentu, baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan,  dengan manajemen bisa diukur tingkat keberhasilan atau kegagalan usaha seseorang, terutama dalam mengukur atau menentukan rugi labanya.

Bupati mengingatkan, banyak kriteria yang harus dikuasai pelaku usaha guna mencapai manajemen keuangan yang baik. Dalam manajemen keuangan, ulas dia,  selain inovasi dan kreatifitas untuk dapat mendongkrak grafik dan hasil penjualan suatu produk, juga dibutuhkan komitmen, waktu, dan biaya serta ketelitian agar laporan keuangan bisa dipertanggungjawabkan.

Bupati Solok Gusmal juga menekankan pentingnya prinsip kerja  seorang manajer keuangan yang harus memiliki prinsip-prinsip, akuntabilitas, konsisten, kelangsungan hidup, transparansi, standar akuntansi, dan integritas serta pengelolaan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Atas alasan itu, Gusmal mengajak seluruh komponen yang terlibat dalam pelatihan ini supaya dapat mengikuti kegiatan dengan baik serta bersungguh-sungguh. ” Ilmu pengetahuan yang didapat dalam pelatihan akan sangat bermanfaat untuk pengbangan usaha,” jelas Gusmal.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Solok Eva Nasri, SH, MM melaporkan tujuan pelatihan adalah untuk memajukan UMKM di Kabupaten Solok.  Demgan pelatihan diharapkan pelaku UMKM mampu meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam menyusun atau membuat pembukuan sederhana. ” Kita mendorong agar pelaku UMKM terampil dalam menentukan rugi dan laba suatu usaha yang nantinya bermuara pada kemajuan UMKM di Kabupaten Solok.”, kata Eva Nasri.

BACA JUGA:  Pelaku Penganiayaan Mantan Istri di Pessel Ditangkap Polisi

Pelatihan Manajemen Keuangan bagi UMKM ini menghadirkan narasumber dari berbagai instansi seperti pemateri dari UPTD Balai Latihan Koperasi Propinsi Sumatera Barat,  Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Solok.

 

Facebook Comments

loading...