Beranda Daerah Longsor Putus Akses Menuju Kecamatan Tigo Lurah Solok

Longsor Putus Akses Menuju Kecamatan Tigo Lurah Solok

Kecamatan Tigo lurah
Warga tak bisa melalui jalan menuju Kecamatan Tigo Lurah kerena tertutup material longsor., Kamis (25 Maret 2021)

Beritanda1Kabupaten Solok kembali diterjang longsor, Kamis (25 Maret 2021). Akibatnya, akses jalan menuju ke Kecamatan Tigo Lurah terputus akibat tertutup material. Longsor dipicu  akibat hujan deras yang mengguyur sejak sepekan terakhir. 

“Akibat hujan lebat tadi malam, beberapa titik ruas jalan tertimbun longsor, sehingga akses Tigo Lurah menuju Solok belum bisa ditempuh kendaraan sampai saat ini,” kata Masrianto Rajo Lelo salah seorang tokoh masyarakat nagari Simanau kepada beritanda1.com, Kamis (25 Maret 2021).

Ia menyebutkan, longsoran bukit tersebut terjadi di beberapa titik di jalur Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki menuju nagari Simanau Kecamatan Tigo Lurah. Longsor terparah terjadi di daerah Lurah Batu Kudo yang menjadi jalan utama menuju nagari Simanau, termasuk ruas jalan ke jorong Karang Putiah Simanau.

“Selain itu, longsor juga menimbun lahan sawah masyarakat,” ujarnya.

Akibat tertutupnya akses tersebut, berbagai aktifitas masyarakat dari dan menuju Tigo Lurah praktis terhenti. Seperti sekolah dan instansi pemerintahan.

“Ada para guru, pegawai kecamatan yang berdomisili di luar Kecamatan Tigo Lurah, mereka tak bisa menjalankan aktifitas sebagaimana biasanya, karena jalan tak bisa ditempuh,” kata kepala seksi di pemerintahan nagari Simanau ini.

Menyikapi kondisi itu, masyarakat setempat bersama aparat TNI-Polri langsung mengambil inisiatif dengan melakukan gotong royong, untuk memindahkan matetial longsor yang menutup badan jalan tersebut. Namun karena keterbatasan tenaga, akses hanya bisa dibuka untuk kendaraan roda dua saja.

“Tadi melalu pak Nelson anggota DPRD dari Tigo Lurah, sudah menghubungi Dinas PU PR untuk menurunkan alat berat, agar akses menuju Tigo Lurah bisa dibuka kembali,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU PR Kabupaten Solok Syaiful ST,MT membenarkan kejadian itu. Begitu mendapat informasi kejadian itu, pihaknya langsung menurunkan satu unit alat berat ke lokasi tersebut.

BACA JUGA:  Antisipasi Cuaca Buruk, DPRD Sijunjung Himbau Warga Supaya Meningkatkan Kewaspadaan Terhadap Kemungkinan Bencana Alam
Kecamatan Tigo Lurah
Anggota Dprd Kabupaten Solok Nelson, Saat Meninjau Kondisi Jalan Terban.

Selai longsor, kata Syaiful, sejumlah badan jalan juga mengalami terban, sehingga mengancam keselamatan pengguna jalan yang melintasi daerah tersebut.

“Setidaknya ada empat longsor, tidak bisa dengan tenaga manusia saja untuk membuka akses yang menimbun jalan menuju Tigo Lurah tersebut. Makanya kami langsung menurunkan alat berat ke lokasi itu,” kata Syaiful.

Kecamatan Tigo Lurah
Warga Membersihkan Material Longsor Secara Manual

 

Ia menjelaskan, saat ini akses menuju Kecamatan Tigo Lurah sudah bisa dilewati kendaraan, meski belum normal seperti semula.

” Saat ini mesin alat berat masih bekerja untuk membersihkan matetial yang menutup jalan akibat longsor semalam, mudah-mudahan hari ini atau besok, jalur menuju Tigo Lurah kembali normal,” katanya menyudahi.

Reporter: Ismardi