Beranda Daerah Longsor di Sungai Lasi Solok, Satu Unit Rumah Ambruk dan Putus Akses...

Longsor di Sungai Lasi Solok, Satu Unit Rumah Ambruk dan Putus Akses Warga

Longsor Sungai Lasi
Satu unit rumah warga ambruk akibat terseret longsor di Jorong Pangkua Kociak Nagari Taruang Taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Minggu (16 Mey 2021).

Beritanda1—Satu unit rumah warga ambruk akibat terseret longsor di Jorong Pangkua Kociak Nagari Taruang Taruang, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Minggu (16 Mey 2021). 

Wali Nagari Taruang Taruang Rushimal Ulya,S.Pd mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Longsor juga memutus akses transportasi warga dari nagari Taruang-taruang menuju ke nagari Siaro-aro Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.

“Longsor yang terjadi  dengan curah hujan tinggi yang mengguyur Nagari Taruang Taruang dalam sepekan, membuat tanah menjadi bergerak dan terjadi bencana longsor di beberapa titik di Nagari Taruang Taruang, ” jelas Rushimal Ulya.

Akibat bencana longsor, satu  rumah milik warga atas nama Rusli yang belum dihuni rusak terbawa material longsor. Dari bencana longsor tersebut diperkirakan kerugian yang dialami warga sekitar Rp75 juta.

“Ruang kamar tidur, dapur, kamar mandi, dinding, dan lantai rumah ikut terseret longsoran tanah,” katanya.

Hingga Minggu malam (16 Mey 2021), belum ada satupun “bantuan” yang diberikan oleh Pemkab Solok untuk menangani longsor di Sungai Lasi ini. Baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas PUPR, maupun dari instansi lainnya. Padahal, nagari Taruang Taruang merupakan kampung halaman Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Solok, Ahpi Gusta Tusri.

Sebelumnya, kata Rushimal Ulya, pada Minggu pagi sekitar jam 08.00 WIB, juga telah terjadi bencana longsor di Jorong Balai Okak Nagari Taruang Taruang yang menutupi badan jalan sepanjang 25 meter dan satu rumah warga  nyaris terbawa longsor.

Selepas kejadian, warga langsung melakukan gotong royong untuk memindahkan material longsor yang menutupi badan jalan tersebut. Namun malang, pada sorenya longsor kembali terjadi di lokasi tersebut dan kembali memutus akses warga.

BACA JUGA:  10.231 Pelanggan 450 VA di Pasaman Dapat Program Listrik Gratis

Longsor Sungai Lasi Solok

“Untuk memindahkan material longsor ini, kami butuh alat berat, karena tadi sudah diupayakan dengan gotong royong, namun kembali longsor di lokasi tersebut,” ujarnya.

Terkecuali itu, Wali Nagari  meminta masyarakat Nagari Taruang Taruang agar waspadai terhadap potensi longsor selama hujan deras. Apalagi daerah itu merupakan wilayah Sungai Lasi perbukitan, yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi longsor.

“Apalagi sekarang musim penghujan mari kita waspada dan selalu berhati hati  terhadap bencana longsor,” ucapnya.

Longsor Sungai Lasi Solok
Longsor Di Jorong Balai Okak Nagari Taruang Taruang Kec. Ix Koto Sungai Lasi Yang Menutupi Badan Jalan Sepanjang 25 Meter Dan Satu Rumah Warga Nyaris Terbawa Longsor.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Solok Syaiful, ST, MT, menyatakan pihaknya sesegera mungkin akan mengirimkan alat berat untuk menangani longsor tersebut.

“Sesegera mungkin akan kita kirimkan alat berat ke wilayah itu. Jika alat berat yang kita miliki sekarang tidak memadai, kami akan sewa ke pihak lain. Sehingga, bencana itu segera tertangani,” kata Syaiful.