Lobby Wako Riza Berhasil: Melalui Baznas Payakumbuh Donatur Salurkan Bantuan Sembako

140
Bantuan
Walikota Payakumbuh bersama pengurus Baznas terima donasi dalam bentuk paket sembako untuk masyarakat terdampak covid 19

Beritanda1 – Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Payakumbuh mendapatkan donasi sebesar Rp. 50 Juta dari seseorang yang berkemampuan lebih secara ekonomi di kota Payakumbuh untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, Rabu (6/5).

Bantuan dalam bentuk  sembako sebanyak 470 Paket tersebut, sekaligus menjadi bukti kepiawaian lobby Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dalam menghimpun potensi zakat masyarakat setempat. Apalagi ditengah merebaknya wabah virus Corona , dukungan untuk meringankan beban masyarakat terdampak  secara ekonomi, menuai empati dari warga yang memiliki ekonomi lebih.

Terhadap donasi tersebut, Ketua BAZNAS Buya Mismardi didampingi Perwakilan Kemenag, dan  MUI,  mengapresiasi perhatian Wali Kota kepada masyarakat, yang tak hanya mengandalkan anggaran daerah saja, tetapi  mampu menggaet kepedulian para tokoh dalam membantu pemerintah kota Payakumbuh yang terus memikirkan masyarakat terdampak  Covid-19.

“ Terimakasih pak Wali Kota. Kebijaksanaan pak wali  telah mampu menggugah rasa empati donator,” kata Buya Mismardi dihadapan Wali Kota Riza Falepi ketika menyerahkan  secara simbolis paket sembako kepada perwakilan kecamatan di Aula Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Rabu (6/5).

baznas
Bantuan dari donatur Payaumbuh melalui Baznas siap didistribusikan

Dihadiri Kadis PUPR Muslim dan Kabag Kesra Ul Fakhri, Ketua Baznas Mismardi mengaku donator yang enggan disebutkan namanya itu menyediakan dana melalui rekening Baznas sebagai zakatnya.

“ Kita dari Baznas kemudian mendistribusikan kepada warga terdampak Covid-19 dalam bentuk paket sembako, berupa  beras 5 Kg, 1 kaleng sarden, dan minyak goreng 2 liter,” terang Mismardi.

BACA JUGA:  Tokoh Peduli Penyandang Disabilitas Tingkat Sumbar Itu Bernama Yulidarti

Selain itu,  Baznas Kota Payakumbuh juga telah menyediakan dana kurang lebih Rp. 500 juta yang siap dibagikan kepada 1400 KK dalam bentuk amplop berisi yang tunai Rp. 400.000.

Dikatakan Mismardi, pihaknya saat ini  tengah menyusun data. Dalam minggu ini, Baznas Payakumbuh akan  menyalurkan bantuan  uang tunai, yang merupakan  program tahunan  yang dilaksanakan tenaga survey Baznas.

“ Ini sekaligus sebagai laporan  kepada Wali Kota. Hanya saja situasi berubah, karena adanya wabah Corona, penerima bantuan kita khususkan bagi mereka yang terkena dampak wabah ini,” papapr Ketua MUI Payakumbuh.

Terkait itu, Wali Kota Riza Falepi mengatakan, menjaga kepercayaan adalah hal yang paling berat. Pihaknya  berpesan kepada Kabag Kesra agar jangan terlalu lama mendistribusikan. Segera melaporkan kepada donatur yang memberikan bantuan, karena di Baznas sendiri mekanismenya sudah berjalan. Dana donatur ini disalurkan melalui Baznas,  karena memang inilah saluran yang resminya.

“Kepada yang menerima (Mustahik) kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kita sekaligus memberikan apresiasi kepada Baznas sebagai lembaga resmi, termausk kepada donatur dan seluruh pihak yang mendukung kegiatan social ini,” kata Riza Falepi.

Reporter: Diko Rahmad

 

Facebook Comments

loading...