Limapuluh Kota Salurkan BLT-DD Bagi 13.131 Keluarga Terdampak Covid 19

BLT
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan secara simbolis dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat di daerah itu, belum lama ini.

Beritanda1 – Sebanyak Rp 23,6 miliar anggaran Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT DD) disiapkan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat guna membantu sedikitnya  13.131 keluarga  terdampak  Pandemi Covid 19 di daerah itu.

“Untuk BLT Dana Desa dengan total dananya Rp.23,6 miliar yang akan dibagikan kepada13.131 penerima tersebar pada 13 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari  (DPMD/N) Kabupaten Lima Puluh Kota  A. Zuhdi Perama Putra, yang dihubungi belum lama ini.

Ia mengatakan, Kabupaten Limapuluh Kota merupakan daerah yang ke 3 di Sumbar merespon cepat penyaluran BLT DD. Penyaluran dana BLT DD ini telah dilounching Bupati Irfendi Arbi bersama Kadis DPMD/N Provinsi Sumbar Syafrizal Ucok di Halaman Kantor Camat Harau,  Jumat (8/5) lalu.

Saat peluncuran BLT DD tersebut, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengatakan, dengan adanya BLT Dana Desa akan bermanfaat bagi masyarakat nagari, di samping bantuan sosial lainnya dalam menghadapi Pandemi Covid19.

“Ini wujud negara hadir dalam kondisi yang sangat dibutuhkan warganya,” kata Irfendi.

Bupati meminta masyarakat untuk  sabar menunggu proses administrasi yang sesuai aturan dan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid19.

Pemberian BLT DD tersebut, sesuai Surat Mendes, PDT dan Transmigrasi RI Nomor 1261/PRI.OO/IV/2020, tanggal 14 April 2020 dan surat Dirjend Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 10/PRI.OO/IV/2020, 21 April 2020 prihal Penegasan Juknis Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT Dana Desa.

Adapun regulasi BLT DD, bagi nagari atau desa yang dana desanya kurang dari Rp.800 Juta, maksimal dianggarkan untuk BLT DD sekitar 25 persen. Di Kabupaten Limapuluh Kota, ada 8 yang yang dana desanya kurang Rp800 juta.

BACA JUGA:  Aktivitas Bongkar Muat Pelabuhan Belawan Meningkat Signifikan

Kelompok kedua, bagi nagari yang  dana desa antara Rp.800 juta sampai Rp.1,2 milyar, untuk BLT DD maksimal dianggarkan 30 persen. Pada kelompok ini, ada 61 nagari yang dapat mengalokasikan dana desa untuk BLT hingga 30 persen.

Kelompok ketiga, setiap nagari boleh mengalokasi dana desa untuk BLT hingga 35 persen, jika dana desa di atas Rp.1,2 milyar. Untuk di Kabupaten Limapuluh Kota, hanya 10 nagari yang bisa mengalokasi dana desa untuk BLT Dana Desa.

Bantuan yang bersumber dari dana desa diberikan selama 3 bulan dimulai April dan berakhir Juni 2020 dengan besaran Rp.600 ribu/bulan.

Reporter: Diko Rahmat

 

Facebook Comments

loading...