Beranda Birokrasi Lima Kali WTP, Pemko Payakumbuh Miliki Tanggung Jawab Mempertahankan Prestasi

Lima Kali WTP, Pemko Payakumbuh Miliki Tanggung Jawab Mempertahankan Prestasi

pemko Payakumbuh
Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz ketika ExitMeeting pemeriksaan interim dengan BPK RI Perwakilan Sumbar di ruang kerja Wawako Balai Kota Payakumbuh, Kamis (4 Maret 2021).

Beritanda1 –  Selama 5 kali berturut-turut Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Fenomena ini merupakan  prestasi yang sangat membanggakan, sekaligus memberikan tanggung jawab yang berat untuk mempertahankannya.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat ExitMeeting pemeriksaan interim dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di ruang kerja Wawako Balai Kota Payakumbuh, Kamis (4 Maret 2021).

Hadir bersama  tim pemeriksa interim tersebut, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Asisten III serta Kepala Badan Keuangan Daerah dan Inspektur Kota Payakumbuh.

Wawako Erwin Yunaz mengucapkan terima kasih kepada BPK atas pendampingan dan pembinaan terhadap Pemko Payakumbuh dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Besok kita (Pemko Payakumbuh, red) akan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2020 ke BPK RI Perwakilan Sumbar di Padang untuk diaudit,” kata Wawako Erwin Yunaz kepada media.

Erwin Yunaz berharap, setelah pemeriksaan interim, nantinya dapat mendorong Pemko Payakumbuh untuk melaksanakan tata kelola keuangan serta kinerja yang lebih baik dan bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan.

“Mudah-mudahan kita kembali mendapatkan opini WTP yang ke 6 secara berturut-turut,” harap Wawako.

Sementara itu, ketua Tim Pemeriksa Interim BPK Sumbar untuk Payakumbuh Azmi Seprtiadi menjelaskan, pemeriksaan interim merupakan pemeriksaan awal yang dilakukan pada tahun berjalan atau sebelum LKPD diserahkan oleh pemerintah daerah kepada BPK yang bertujuan untuk menilai efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI).

“Ya kita telah 32 hari di Payakumbuh melakukan pemeriksaan interim ini, dan hari ini telah selesai, selanjutnya kita menunggu Pemko Payakumbuh menyerahkan LKPD nya ke BPK baru kita lanjut ke pemeriksaan terperinci” katanya.

Azmi menerangkan, targetnya nanti untuk mendukung pemeriksaan terperinci terhadap pemeriksaan LKPD yang akan dimulai tanggal 15 Maret sampai 30 hari berikutnya.

BACA JUGA:  Dari Pantai Gondoriah Pariaman, Etape 1 TdS 2019 Digenjot Menuju Tanah Datar

Terkait  permasalahan keuangan di daerah itu, Azmi menegaskan,  selama ini tidak ada kendala atau masalah dalam LKPD Pemko Payakumbuh. Semua kebijakan-kebijakan keuangan Pemko Payakumbuh dan jajarannya sudah bagus.

“Kita lihat Pemko Payakumbuh termasuk daerah yang cepat dalam menyerahkan LKPD nya kepada BPK dan kita sangat mengapresiasi itu,” paparnya.

Repoter: Mardikola Tri Rahmadi