Beranda Birokrasi Lancar, Bupati Solok Apresiasi Penyaluran Bantuan Terdampak Covid 19

Lancar, Bupati Solok Apresiasi Penyaluran Bantuan Terdampak Covid 19

Rakor
Bupati Solok H. Gusmal saat memimpin Rakor Pemerintah Daerah bersama SKPD dan Forkopimda Solok, Jum'at (19/6) di Gues House Arosuka

Beritanda1-Bupati Solok Gusmal mengaku bangga dan memberi apresiasi kepada seluruh unsur yang terlibat dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat dalam penanggulangan  terdampak Corona Covid Disease (Covid19).

 

Apresiasi itu disampaikan  Gusmal dalam  Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Kabupaten Solok yang  dihadiri Sekda Kab. Solok Aswirman,SE,MM, Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan Edisar,SH,MH, Asisten Koordinator Bidang  Ekbangkesra Medison serta Forkopimda serta Kepala SKPD terkait, Jumat (19/6) di Guest House Arosuka.

“ Seluruh bantuan sudah tersalur dengan lancar dan mencapai sasaran, hendaknya penyaluran bantuan seluruhnya bisa selesai pada Juli mendatang,” pintanya.

Gusmal mengatakan, semua tidak ada yang bermasaalah,  terutama cek dan ricek penerima yang wajib dan jangan terjadi penyaluran yang tumpang tindih. Karena bila bantuan salah sasaran akan menimbulkan permasalahan nantinya.

” Selain itu,  kita semua tetap mengawasi dan menjalankan protokol kesehatan dalam pola kehidupan baru guna memutus mata rantai penularan covid-19 yang kondisinya  sudah melandai,” sebut Gusmal.

Disisi lain, bupati Solok juga menaruh harapan tinggi terhadap pembentukan Nagari Tangguh Nusantara. Karena itu diharapkan Dinas Sosial, Dinas Pertanian dan Pangan dapat mengkaji dan mempersiapkan segala kebutuhan,  seperti pangan dan peternakan di lokasi binaan Nagari Tangguh .

” Nagari Tangguh di Kabupaten Solok telah kita tetapkan untuk launching bertepatan pada HUT Bhayangkara tanggal 1 Juli mendatang,” terang Bupati Guemal.

Skpd
Kepala Skpd Mengikuti Rakor Pemerintah Kabupaten Solok, Jumat (19/6)

Menanggapi itu, Asisten Koordinator (Askor) Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Medison menyampaikan, pada  masa pemberlakukan New Normal, selalu dilakukan monitoring ke berbagai Kecamatan dan Nagari melaluinTim khusus guna memastikan pelaksanaan New Normal berjalan lancar, serta mematuhi  protokol kesehatan.

Terkait penyaluran bantuan covid-19, pihaknya memastikan sudah seluruh Nagari menyalurkan untuk tahap 1 dengan jumlah penerima 12.194 KK.  Untuk tahap 2, kata dia, sudah ada 61 nagari yang menyalurlan. Sedangkan untuk tahap 3,  baru 17 nagari yang menyalurkan.

BACA JUGA:  Pemkab Solok Terus Bergerak Mempersiapkan Tatanan Kehidupan Baru

” Sementara kendala yang dihadapi berupa kesalahan data (nama double) dan semua itu sudah dapat diselesaikan oleh Wali Jorong masing masing, ” jelasnya.

Menyangkut realisasi BLT dari Pusat dan Provinsi, Medison menyampaikan,  sudah disalurkan melalui PT. Pos Indonesia. Bahkan berdasarkan Permendes No 7 tahun 2020, akan ada tambahan bantuan untuk 3 bulan kedepan,  dengan mengacu pada bantuan BST Kemensos yang nilainya Rp 300.000 per KK. ” Disini masyarakat berharap agar jika masih ada bantuan untuk kedepan, penerimanya dapat diroling demi pemerataan,” jelasnya.

Skpd
Rakor Pemerintah Kabupaten Solok Di Ikuti Forkopimda Dan Sejumlah Kepala Skpd

Medison menambahkan, penyaluran bantaun beras juga sudah dilakukan dan berjalan dengan baik. Penerima bantuan beras dibagi kepada masyarakat dalam 2 tahap,  dimana masing-masing mendapat bagian 10 kg per KK

” Ketersediaan pangan di bulog, masih tersedia sekitar  61 ton beras lagi. Semua itu  menjadi cadangan untuk selanjutnya,  karena sabagian kecil juga sudah digunakan untuk penambahan kekurangan beras bantuan sebelumnya,”beber Medison.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

 

Artikel sebelumyaPasien Positif Covid 19 Asal Sungai Penuh, Meninggal di Kampung Suaminya di Nagari Puluik-puluik, Pessel
Artikel berikutnyaBertambah 4 Orang Positif Covid-19 di Sumbar. Angka Kesembuhan Mencapai 71,14 Persen