KPK Ingatkan Artis yang jadi Anggota DPR RI Agar Hati-Hati Terima Imbalan

JAKARTA—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghimbau para artis yang kini menjadi anggota DPR RI, untuk melaporkan penerimaan-penerimaan dari pihak tertentu yang terkait dengan jabatannya.”Jika ada penerimaan-penerimaan dari pihak lain yang berhubungan dengan jabatan, wajib dilaporkan ke KPK dalam waktu 30 hari kerja,” ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah, Jumat (18/10).

“Jika ragu dengan sebuah penerimaan, pelaporan ke KPK akan membantu untuk melindungi penyelenggara negara, jika sewaktu-sewaktu ada persoalan terkait penerimaan tersebut,” jelas Febri.

dalam waktu maksimal 30 hari kerja, kata Febri, KPK akan menentukan status laporan tersebut, apakah menjadi milik negara atau milik penerima. “Analisis ini akan melihat apakah ada hubungan jabatan atau tidak dan aturan-aturan etik yang melarangnya,” kata Febri.

Dari kalangan artis dan pelaku seni, yang menjalankan profesi sebelumnya, KPK mengingatkan agar bisa memahami perbedaan posisi setelah menjadi pejabat publik. Hal itu terkait penerimaan barang-barang endorse dari pihak tertentu.

“Penerimaan-penerimaan yang dulu tidak masalah, mungkin dapat berbeda setelah menjabat. Jadi lebih baik berhati-hati dalam menerima sesuatu yang memiliki risiko etik hingga risiko pidana. Apalagi di Kode Etik DPR sudah diatur terkait larangan konflik kepentingan, dan pekerjaan lain di luar tugas kedewanan,” tegas Febri.

Mengenai aturan pelaporan penerimaan gratifikasi ini diautur dalam UU nomor 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Pasal 12c ayat 2, Setiap Pegawai Negeri atau Penyelenggara Negara yang menerima gratifikasi wajib melaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

sumber: https://indeksnews.com/2019/10/18/kpk-ingatkan-para-artis-yang-menjadi-anggota-dpr-agar-hati-hati-menerima-imbalan/

Facebook Comments

BACA JUGA:  Bertambah Tiga Orang, Kasus Konfirmasi Covid 19 Kabupaten Solok Menjadi 16 Orang
loading...