Korsleting Listrik, Kandang Ayam di Kotobaru Solok Nyaris Jadi Abu, Kerugian Rp 100 Juta Lebih

Beritanda1–Diduga akibat korsleting listrik, kandang ayam potong milik Fondra Surya Surachman (49) di puncak Gaga Nagari Kotobaru Kec. Kubung Kab. Solok nyaris jadi abu, Sabtu (06/06/2020).

 

Informasi yang dihimpun Beritanda1.com mengungkapkan, kebakaran yang menghanguskan satu blok bangunan kandang tersebut terjadi sekira pukul 09.30 Wib pagi. Api diketahui pertama kali berasal dari blok tengah bangunan kandang yang berbentuk leter H tersebut. ” Api berasal dari blok tengah, yang berfungsi sebagai gudang peralatan, pakan, dapur dan tempat istirahat,” beber Hidayat kakak Fondra.

Hidayat mengaku, saat kejadian tersebut ia tengah melakukan pembenahan kandang di blok bagian atas yang rencananya akan segera diisi ayam dalam waktu dekat. ” Alhamdulillah saat ini kandang sedang kosong, kami masih melakukan pembenahan kandang untuk pengisian berikutnya,” ujarnya.

Kandang
Kandang Ayam di nagari Koto baru nyaris jadi abu diamuk si Jago Merah, Sabtu (6/6)

Ia mengaku kaget, ketika melihat ada api di bangunan blok tengah yang terbuat dari kayu dan berisi bahan mudah terbakar dan peralatan makan dan minum ayam. ” Api berkobar dengan cepat, karena di dalam gudang tersebut banyak bahan yang mudah terbakar dan bahan-bahan plastik,” ungkapnya.

Beruntung beberapa saat kemudian, tim Damkar dari Dinas Pol PP dan Damkar Kabupaten dan Kota Solok yang datang ke lokasi bisa melokalisir api, sehingga tidak menyebar ke blok bangunan lainnya. “Api berhasil dipadamkan kurang dari satu jam. Sehingga tidak menyebar ke bangunan lainnya,” kata kabid Damkar Dinas Pol PP dan Damkar Kab.Solok Zulman Hendra.

Kebakaran
Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan memadamkan kebakaran yang melanda kandang ayam di Kotobaru

Meski tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp. 100 juta. Pasalnya selain menghanguskan bangunan sepanjang 15 meter tersebut, api juga menghanguskan peralatan kandang, 3 unit mesin semprot dan pencuci peralatan, televisi dan peralatan lainnya.

BACA JUGA:  Kabar Gembira, Seluruh Pasien Positif Covid-19 Di Payakumbuh Sembuh

Reporter: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...