Beranda Sosial Budaya Korban Banjir Solok Terima Paket Bantuan dari KKT Agam

Korban Banjir Solok Terima Paket Bantuan dari KKT Agam

Korban banjir Solok
Anggota Satpol PP dan damkar kabupaten Solok Yoserizal membantu menyalurkan paket bantuan dari KKT dan Posko Jenggala Agam untuk korban Banjir Solok, Rabu (20 Januari 2021)

Beritanda1 –Musibah banjir yang menimpa masyarakat kabupaten Solok pada Selasa (12 Januari 2021) lalu telah mengundang empati dari masyarakat luar untuk turun membantu para warga terdampak.  

 

Hal itu setidaknya terlihat dari kehadiran Kelompok Kemanusiaan Tilatang Kamang (KKT) dan Gerakan Kemanusiaan Posko Jenggala Agam di kantor Camat Kubung, Rabu (20 Januari 2021). Menggandeng Dinas satpol P dan Damkar kabupaten Solok, KKT menyerahkan sebanyak 350 paket bantuan untuk korban banjir di tiga nagari di Kabupaten Solok.

Bantuan yang diserahkan koordinator KKT Alex ini diterima oleh Camat Kubung Ricky Carnova, didampingi Kabid Damkar Kantor Satpol PP dan Damkar Kab. Solok Zulman Hendra. Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan oleh Wali Nagari Salayo Ronal Regen, Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir serta Wali Nagari Muaro Paneh Fery Efendi.

Banjir Solok

“Ini adalah bentuk empati kami atas musibah banjir yag melanda Kabupaten Solok pekan lalu. Selain dari KKT bantuan sebanyak 350 paket ini juga berasal dari Posko Jenggala di kecamatan Tialang Kamang Kabupaten Agam,” kata koordinator aksi kemanusian KKT Agam Alex.

Bantuan sebanyak 350 paket tersebut berupa selimut, peralatan mandi serta peralatan harian untuk kebutuhan korban banjir. Usai diserahkan terimakan di kantor Camat Kubung, bantuan tersebut langsung disitribusikan ke masyarakat terdampak banjir di Salayo, Koto Baru dan Muaro Paneh.

Pendistribusian ke masyarakat terdampak banjir ini dilakukan oleh KKT Agam dan Posko Jenggala dengan didampingi oleh personil dari Satpol PP dan SDamkar Kabupaten Solok.

Terhadap bantuan itu, Camat Kubung Ricky Carnova menyampaikan apresiasi atas kepedulian KKT dan posko Jenggala yang turut merasakan keprihatinan masyarakat kabupaten Solok yang ditimpa musibah banjir.

BACA JUGA:  Plh Sekda Pessel Gencarkan Sidak Pantau Disiplin Pegawai

“Terima kasih pada Dunsanak kami dari KKT dan Posko Jenggala kecmatan Tilanag Kamang Kabupaten Agam yang telah peduli dengan musibah yang menimpa kami di kecamatan Kubung dan kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok,” kata Ricky Carnova.

Solok

Ricky menyebutkan, musibah banjir yang terjadi pekan lalu tersebut merendam wilayah Kabupaten dan Kota Solok. Untuk kecamatan Kubung ada 2 nagari yang terparah terkena dampak banjir yaitu Kotobaru dan Salayo ditambah nagari Muaro paneh di kecamatan Bukit Sundi. Utamanya, masyarakat yang berada di sepanjang bantaran Batang Lembang.

“Setidaknya ada sekitar 2000 jiwa yang terdampak banjir ini di kecamatan Kubung. Belum lagi ratusan hektare lahan pertanian yang ikut diterjang banjir,” beber Camat.

Terkecuali itu, Ricky Carnova juga mengapresiasi Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok yang telah memfasilitasi bantuan untuk warga korban banjir tersebut.

“Semoga ini menjadi ibadah bagi dunsanak kami dari Agam dan rekan-rekan di Satpol PP dan Damkar yang telah memfasilitasi KKT dan Posko Jenggala datang ke Kubung dan Muaro Paneh untuk menyerahkan bantuan ini, semoga dicatat dan dibalas Allah SWT sebagai amal baik,” tutup Ricky.

Reporter: Wezi Rismanto