Beranda Peristiwa Terima Bantuan, Korban Banjir Lengayang Mendapat Empati dari Bupati Hendrajoni

Terima Bantuan, Korban Banjir Lengayang Mendapat Empati dari Bupati Hendrajoni

Banjir
Sebuah rumah warga terkena dampak banjir di Kambang Utara, Jumat (8/1) mengalami rusak berat

Beritanda1 – Para korban terdampak banjir di Kecamatan Lengayang mendapat empati dari bupati Pesisir Selatan Hendrajoni.

 

Sebagai bentuk kepedulian, Sabtu (9/1), Bupati Hendrajoni selain meninjau lokasi bencana bersama rombongan, sekaligus menyerahkan bantuan beras sebanyak delapan ton yang merupakan
beras cadangan pangan pemerintah (CPP) dari Dinas Pangan Pesisir Selatan.

Kemudian bantuan paket sembako berupa empat kardus berisi kebutuhan pokok diantaranya, ikan kaleng, minyak goreng, 15 boks perlengkapan bayi, 20 boks perlengkapan dapur, 10 boks family kit, lima boks perlengkapan mandi, dan 10 kantong perlengkapan shalat berasal dari BPBD daerah setempat.

Bantuan tersebut, secara simbolis diserahkan Bupati Hendrajoni kepada Wali Nagari Kambang Utara, Ul Sabri untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat terdampak banjir.

“Kami turut mendoakan agar masyarakat yang terdampak banjir tetap tabah dalam menerima cobaan ini, dan selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi. Sebab, Lengayang termasuk daerah yang rawan banjir,” ujarnya di sela-sela kunjungan tersebut.

Terkait total kerugian akibat banjir, Bupati Hendrajoni meminta pihak kecamatan dan pemerintah nagari segera menuntaskan pendataan dan segera melaporkan ke pihak kabupaten.

Bantuan
Bupati Hendrajoni Bersama Rombongan Menyerahkan Bantuan Beras Secara Simbolis Kepada Masyarakat Terdampak Banjir Di Kecamatan Lengayang.

Terhadap itu, Camat Lengayang, Zoni Eldo, menyebutkan, data sementara akibat bencana banjir yang terjadi pada Jumat (8/1), mengakibatkan rusaknya satu jembatan di Nagari Kambang Timur, tiga rumah di Kambang Utara, dan merendam sedikitnya 2.470 unit rumah warga, termasuk sejumlah ternak dan tanaman warga.

Menurutnya, banjir yang melanda enam nagari di Kecamatan Lengayang, yakni Nagari Kambang, Kambang Utara, Kambang Timur, Kambang Barat, Lakitan Timur, dan Lakitan Tengah.

“Ya, ini baru data sementara, pihak kami masih melakukan pendataan di lapangan,” ucapnya, Minggu (10/1).

Diketahui, selain di Lengayang, banjir juga melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, termasuk Kecamatan Bayang, dan IV Jurai.

BACA JUGA:  Kapolres Pessel Pimpin Apel Operasi Zebra Langkisau 2019

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni turut didampingi Asisten I, Muskmal, Kadis Sosial, Kepala BPBD, Kadis Pangan, dan sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Pessel.

Reporter: Okis Rockin