Komitmen Bangun Generasi Qur’ani, Seleksi 1000 Tahfiz Di Kab. Solok Dibanjiri Peserta

Antusias—Para pelajar dari berbagai kecamatan di kabupaten Solok terlihat antusias mengikuti seleksi 1000 tahfiz Kab. Solok di mesjid Agung nurul Mukhlishin Islamic Center Kotobaru, Minggu (18/8). Kegiatan seleksi ini merupakan bentuk komitmen pemkab Solok dalam upaya melahirkan generasi Qur’ani di daerah itu.

AROSUKA—Komitmen dan keseriusan pemerintah Kabupaten Solok untuk menciptakan generasi yang Qur’ani terus digulirkan. Hal itu terbukti dari pelaksanaan seleksi 1000 tahfiz yang digelar secara bertahap pada tahun ini. Seleksi tersebut bahkan mampu menyedot animo para generasi muda penghafal Al-Qur’an yang datang dari berbagai nagari di kabupaten Solok.

“Alhamdulillah, antusias peserta tahun ini cukup tinggi, sehingga waktu seleksi kita tambah melebihi jadwal yang telah kita tetapkan sebelumnya,” kata Kasubbag Pembinaan Mental dan Spiritual Bagian Kesra Setda kab. Solok, Mardaus M S.Ag di sela seleksi tahap III di Mejid Agung Nurul Mukhlishin Islamic center kab. Solok di Kotobaru, Minggu (18/8).

Mardaus menyebutkan, seleksi 1000 Tahfizd tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Assisten 2 Bidang Ekbang Kesra Setda Kab. Solok pada 4 Agustus lalu. Pada seleksi dari itu, 4 Kecamatan yang terdiri dari  Junjung Sirih, X Koto Singkarak, X Koto Diatas dan Kec. Kubung tersebut diikuti oleh 580 peserta.

Sementara untuk gelombang ke dua dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019  dengan peserta terdiri dari Kecamatan Gunung Talang,  Bukit Sundi, Lembang Jaya, Tigo Lurah dan Payung Sekaki. Sementara Gelombang  ke tiga terdiri dari Kecamatan Danau Kembar, Lembah Gumanti, Hiliran Gumanti dan Pantai Cermin pada tanggal 18 Agustus 2019. “ Untuk seleksi tahap tiga ini, jumlah peserta justru lebih banyak, sekitar 600 lebih peserta,” ucapnya.

Sementara untuk tim penguji, kata dia merupakan para ustad kondang yang tak hanya dikenal di Kabupaten Solok, namun juga di Sumatera Barat. Mereka rata-rata alumni Timur Tengah. Diantaranya Ust. H. Dedi Rianto, Lc, MA yang merupakan alumni Al Azhar Kairo dan pengasuh Pondok Pesantren Tahfizd Darussalam Koto Anau.

BACA JUGA:  Enam Pejabat Eselon III dan IV di Jajaran Dukcapil Kab Solok Dilantik

Selain itu juga ada Ust. H. April Hidayat, Lc.MA yang merupakan alumni Universitas Madinah dan pengasuh Ponpes Ar Risalah. Ust. H. Jasriwaldi, Lc alumni Mesir pengasuh Ponpes Rois Muara Panas. H. Edra Wardi, Lc putra Talang Babungo yang menjadi Imam di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Soloķ. Abd. Hafiz, S.H.I, MA pengasuh Pondok Tahfizd Az Zikra dan  Buya Syafriadi, S.Ag yang merupakan pelatih Tahfizd Kabupaten Solokyang telah banyak melahirkan para Hafizd dan Hafizdah di daerah itu.

Meski kegiatan ini bernama 1000 Tahfiz, namun Mardaus tidak menampik jika nanti yang lulus seleksi lebih dari 1000 orang. Mereka yang lulus seleksi 1000 Tahfizd ini, akan diwisuda nantinya bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1441 H.

Selain diberikan Piagam/Sertifikat, Medali Tahfiz dan Uang Transportasi,  50 orang Hafizd dan Hafizhah terbaik juga akan diberikan uang pembinaan. “ Kita berharap pembinaan Tahfizd ini akan tetap dilaksanakan setiap tahunnya sebagai benteng bagi generasi Muda,” kata mantan Sekretaris nagari Kotobaru ini.

 

Reporter: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...