Khatam Alqur’an MDA Masjid Raya Salayo Meriah

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin memberi sambutan pada Khatam Alquran MDA Masjid Raya Salayo, Minggu (30/6)

SALAYO – Masyarakat nagari Salayo, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, baralek. Sebanyak Suasana religius dalam balutan adat nagari setempat mewarnai barisan panjang pawai ta’aruf yang diikuti peserta khatam Alqur’an MDTA Masijid Raya Salayo, Minggu (30/6).

Ketua Pelaksana Khatam Qur’an Masjid Raya Salayo Mora Dt. Rajo Kando menyampaikan, pelaksanaan Khatam tahun 2019 diikuti 48 peserta yag merupakan santri yang telah menyelesaikan pendidikan pada MDTA Masjid Raya.

Mora menyampaikan untuk memeriahkan khatam, panitia didukung sejumlah donatur untuk menyembelih seekor Kerbau untuk merayakan alek nagarin pada Sabtu (29/6)

Sedangkan kegiatan pawai, selain diikiri santri peserta Khatam, juga diiringi barisan Bako ( keluarga ayah-red) peserta yang membawa Nasi Kuniang sebagaimana adat dan budaya dari nagari masing-masing.

Menyambut kegiatan pendidikan keagamaan ini, Wakil Bupati Solok mengawali sambutannya dengan ucapan selamat kepada santri sekaligus mengapresiasi pengurus dan maayarakat yang melaksanakan Khatam dan Wisuda tahun Ini. Ia berharap setelah wisuda dan khatam, para santri melanjutkan belajar ketahap yang lebih baik. “Bila hari ini para santri mengikuti khatam, itu karena telah lancar bacaannya. Namun kita harapkan supaya ditingkatkan dengan memperdalam tajwid sampai hafalannya” ujar Wabup Solok memotivasi.

Lebih lanjut disampaikan , meriahnya pelaksanaan Khatam di nagari Salayo ini menjadi motivasi bagi masyarakat untuk mendrong anak-anak memperdalam ilmu agama, terutama pemahaman kandungan Al Qur’an, baik melalui MDTA maupun Pondok Al Qur’an.

Yulfadri memesankan, agar para orang tua selalu mencontohkan dan memotivasi anak-anak menjadi penggerak Subuh Berjamaah dan membiasakan tadarus setiap selesai Magrib.

Pada khatam Alqur’an ini, ikut hadir Kakan Kemenag Kab. Solok diwakili Kasi Dinpontren Sesmadewita, S.Sos.I, M.Ap, Camat Kubung Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Forkumpimcam, Wali Nagari Salayo, Ketua BPN dan Tokoh Masyarakat.

BACA JUGA:  1 Juli Lounching, Nagari Sungai Durian dan Jawi-Jawi Disiapkan Menjadi Kampung Tangguh di kabupaten Solok

Sementara itu, pengurus Masjid Raya Salayo Ustad Yoni mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya, kemeriahan pawai Khatam Alqur’an ke XXX1 tahun 2019 ini, juga didukung oleh drumband MIN 1 Solok, drumband SMPN 1 Kubung (SMP Salayo), serta pelajar SD yang ada di Salayo.

Pada kesempatan ini, Wabup Yulfadri didaulat menyerahkan sertifikat dan tropy bagi santri terbaik lulusan MDTA Masjid Raya Salayo.

Reporter : ZF

 

Facebook Comments

loading...